Kisah Ardha, Difabel Bersuara Merdu Asal Klaten Pernah Duet Bareng Didi Kempot
Ardha di Hitam Putih. (Instagram-@officialhitamputihtrans7)

Solopos.com, KLATEN – Ardha Krisna Pratama, 13, pemuda asal Klaten, Jawa Tengah kini tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Suara merdu yang ia miliki dapat mengantarkannya berduet dengan The Godfather of Brokenheart, Didi Kempot.

Ardha berkesempatan berduet dengan Didi Kempot pada acara khitanan, 25 Februari 2019 silam. Saat itu, Ardha menyanyikan lagu Suket Teki bareng Didi Kempot.

Didi Kempot lantas mengaku kagum dengan suara Ardha. "Saya kaget eh.. luar biasa suaranya betul-betul sangat menjiwai lagu tersebut dan saya betul-betul sangat kagum dengan Ardha," tutur Didi Kempot dalam video singkat pada acara Hitam Putih, yang ditayangkan di channel Youtube Trans7 Official, Senin (10/2/2020).

Ardha merupakan difabel yang mengalami gangguan penglihatan berupa low vision–keterbatasan jarak pandang—sejak lahir. Meski demikian, Ardha mendapat dukungan dan bantuan penuh dari orang tuanya untuk bernyanyi.

Ayah Ardha, Krisyanto, menjelaskan awal mula ketertarikan anaknya di bidang musik bukanlah menyanyi, melainkan memainkan alat musik. Sejak umur empat tahun, Arda bahkan sudah mahir bermain organ dan gendang ketipung.

"Bakatnya dari kecil tidak nyanyi ini, gendang, pertama kali yang disenengi musik gendang ketipung," tutur ayah Ardha.

Ardha mulai bernyanyi ketika diminta menjadi backing vocal sambil bermain ketipung dalam acara HUT RI di desanya sekitar 2014. Karena mendapat respons yang positif dari masyarakat, pihak keluarga akhirnya mendorong Ardha untuk mencoba belajar menyanyi.

Setelah sering berlatih, Ardha lantas tampil di beberapa acara resepsi pernikahan atau khitanan dengan menyumbangkan suara emasnya.

Sebelum bertemu dengan Didi Kempot, Ardha sudah sering tampil dari panggung ke panggung, namun ayahnya tidak pernah memasang tarif untuk setiap penampilan Ardha.

Berkat suara emas Ardha ini Didi Kempot berkeinginan untuk membawanya ke dapur rekaman. Ia mengaku tertarik dengan suara merdu Arda.

Ditilik dari akun Instagram milik Didi Kempot, @didikempot_official, pelantun lagu Sewu Kutho itu membagikan video ungkapan rasa terharunya karena mendengar suara Ardha.

"Semenjak saya dengar suara Ardha, seakan-akan terpanggil nurani saya untuk menolong, merekam dia. Bukan apa, tapi karena dia layak untuk memamerkan suaranya kepada orang banyak ," terangnya pada Jumat (24/2/2020). (Ria Sari Febrianti)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho