Kisah Alun, Pemuda Sukoharjo Eks Pegawai Bank Yang Sukses Rintis Usaha Konfeksi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Usianya masih tergolong muda, baru 31 tahun. Namun, pemuda bernama lengkap Alun Sukowati Prihantoro, warga Joho, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo, ini mampu membuktikan diri menjadi pebisnis sukses di Kabupaten Makmur.

Bukan perkara gampang bagi Alun untuk meninggalkan pekerjaan yang sudah nyaman dengan penghasilan yang mapan untuk kemudian menggeluti dunia baru dari nol. Dibutuhkan kekuatan dan keberanian untuk melakukannya karena keputusan tersebut akan membawa konsekuensi yang tidak kecil.

Namun, Alun berani meninggalkan zona nyamannya sebagai pegawai salah satu bank milik negara dan beralih menggeluti dunia konfeksi. Alun memulai bisnis konfeksinya pada 2015 lalu.

Saat itu, Alun baru saja berhenti dari pekerjaannya di salah satu bank. Berbekal sedikit pengalaman ketika membantu usaha teman, Alun membuka usaha baru yang diberi nama Mustika Abadi.

Bapak satu anak ini melihat usaha konfeksi adalah bisnis yang sangat menguntungkan. Pada awalnya, dia menerima order pembuatan 50 kaus dari salah satu instansi di Sukoharjo.

Namun lantaran belum tahu dan belum pernah melakukannya, pesanan itu kemudian dia lempar kepada temannya yang memiliki usaha sablon. Saat itulah dirinya mulai belajar tentang usaha tersebut hingga kemudian memutuskan untuk resign dari pekerjaannya di bank.

“Awalnya hanya punya modal sekitar Rp5 juta dengan tiga karyawan,” ujar Alun ketika berbincang dengan Solopos.com di tempat usahanya Jl. Rajawali No 7 Mojotegalan, Kelurahan Joho, Sukoharjo, Minggu (24/2/2019).

Saat itu, Alun membeli satu set mesin jahit kaus dengan tiga karyawan. Dari usaha menjahit kaus itulah usahanya terus berkembang dari mulut ke mulut. Alun menerima pesanan untuk kaus oblong, sweater, jaket, polo shirt, hoodie, seragam, almamater, serta sablon dan bordir.

“Saat ini saya sudah memiliki 11 karyawan. Rata-rata tiap bulan mendapatkan pesanan 2.000-3.000 potong kaos dengan omset mencapai Rp30 juta,” katanya.

Bisnisnya semakin moncer menjelang pemilihan umum (pemilu) yang akan dilaksanakan April nanti. Alun kebanjiran pesanan kaus untuk kampanye. Meski begitu, Alun mengaku hanya menerima order kaus premium.

Alun tidak melayani sablon maupun pembuatan kaus murah yang sering disebut kaus saringan tahu. Untuk order kaus kampanye, Alun juga tidak sembarangan menerima, hanya orang-orang yang dia kenal yang dia layani. “Saat ini, antara produksi kaus umum dan kaus politik persentasenya 50:50,” tuturnya.

Yang paling membanggakan ketika Alun menerima order untuk memroduksi kaus merchandise acara televisi 86 yang tayang di Net TV. Alun mendapat order pembuatan kaus jenis polo sebanyak 4.000 potong.

Nilai order tersebut juga cukup besar mencapai sekitar Rp200 juta. Saat ini order yang dia terima sebagian besar datang dari komunitas-komunitas, baik itu komunitas berbasis kampung maupun komunitas motor. “Yang terbaru kami memproduksi untuk komunitas vespa dengan brand Scoot Day,” ujarnya.

Disinggung soal promosi, Alun mengaku lebih menyukai promosi manual ketimbang via media sosial. Sebab usahanya bisa menjadi besar juga dari promosi manual dari mulut ke mulut. “Saya lebih menyukai bertemu langsung dengan klien daripada melalui dunia maya,” katanya.

Meski begitu, Alun tidak memungkiri promosi melalui media online khususnya medsos bisa membuat usahanya semakin meningkat.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Profil Wihaji, Bupati Batang Kelahiran Sragen Cucu Abdi Dalem Mangkunegaran Solo

Wihaji merupakan putra daerah Kabupaten Sragen yang lahir pada 22 Agustus 1976 dan dia memimpin Kabupaten Batang bersama Suyono yang menjabat sebagai Wakil Bupati untuk periode 2017-2022.

Misteri Kematian Pria Jakarta Timur Saat Live Tiktok, Keluarga Tepis Dugaan Bunuh Diri

Belum lama ini jagat dunia maya Tanah Air dihebohkan dengan kematian pria IS, 29, saat live di Tiktok di rumah susun di Jatinegara, Jakarta Timur.

Sinyal Lemah, Penarapan Aplikasi PeduliLindungi di Tawangmangu Jadi Susah

Penerapan aplikasi PeduliLindungi di kawasan wisata Tawangmangu, Karanganyar, terkendala sinyal internet yang lemah.

10 Berita Terpopuler: Potensi Tsunami di Pacitan hingga Kecelakaan di Wonogiri

Kabar tentang potensi tsunami setinggi 28 meter di Pacitan, Jawa Timur menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (19/9/2021).

Tak Cuma Pacitan, Wonogiri Juga Berpotensi Tsunami Besar

Selain Pacitan di Jawa Timur, wilayah Wonogiri juga memiliki potensi tsunami besar.

Hore.. Diskon 100% PPnBM Diperpanjang Hingga Desember

Pemerintah resmi memperpanjang diskon 100% PPnBM hingga Desember 2021.

Viral! Aksi Maling HP Terobos Lubang Pagar Besi Bikin Tegang, Dikira Nyantol Ternyata...

Aksi seorang pencuri ponsel yang terekam kamera CCTV viral di media sosial lantaran mampu melewati lubang pagar besi yang kecil.

Bobol Konter Dua Kali, Pasutri di Ponorogo Curi Puluhan Tabung Gas Elpiji

Sepasang suami istri mencuri 50 tabung gas 3 kg dan uang Rp1 juta di konter 212 Cellular depan BRI Siman, Desa Brahu, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo.

IKM di Grobogan Didorong Meningkatkan Daya Saing

Pemkab Grobogan bersama anggota DPR RI menggandeng sejumlah perusahaan untuk sosialisasi agar IKM memiliki daya saing.

Kompolnas Desak Pengusutan Tuntas Kasus Napoleon Aniaya Muhammad Kece

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendesak kasus penganiayaan terhadap Muhammad Kece ini diusut tuntas.

Ramalan Zodiak Hari Ini: Sagitarius Gampang Tergoda Penawaran Kerjasama

Ramalan zodiak hari ini menyebut seseorang bisa jadi datang ke rumah dan mampu membuat percaya Sagitarius untuk terlibat kerjasama.

Tanpa Ampun, Ajax Libas Tim Promosi Cambuur 9-0

Ajax memberondong tim promosi Liga Belanda Cambuur Leeuwarden dengan 9 gol tanpa balas dalam laga pekan kelima di Stadion Johan Cruijff Arena, Amsterdam.

Juergen Klopp Puji Sadio Mane Seusai Liverpool Libas Crystal Palace 3 Gol Tanpa Balas

Juergen Klopp menyanjung tinggi-tinggi Sadio Mane setelah Liverpool mengatasi Crystal Palace 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Sudah Bikin 37 Buku Novel hingga Komik, Siswi MAN 1 Solo Ini Raih Penghargaan dari Gubernur DIY

Nadia Shafiana Rahma adalah salah satu cerpenis dan novelis dari MAPK dan Pondok Pesantren Hadil Iman MAN I Solo.

Petik Hasil Imbang Lawan Southampton, Guardiola Sebut Pemain City Punya Masalah Ini

Manchester City hanya memetik hasil imbang 0-0 saat menjamu Southampton dalam lanjutan Liga Inggris di Etihad, Sabtu (18/9/2021) waktu setempat.

Jelang PTM, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Madiun Ikuti Vaksinasi

Selain sebagai persiapan PTM, vaksinasi ini juga penting karena sebagai salah satu syarat seseorang mendapatkan pelayanan umum dan pelayanan transportasi publik.