SOLOPOS.COM - Ilustrasi pencurian (Hengky Irawan/JIBI/Harian Jogja)

Pelaku ditangkap sendiri oleh korban setelah sempat saling dorong dengan pelaku.

 

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

 

Harianjogja.com, PAKEM – Seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Kota Jogja membobol sebuah rumah di Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman akhir pekan lalu. Pelaku ditangkap sendiri oleh korban setelah sempat saling dorong dengan pelaku.

Pelaku diketahui bernama Sri Lestari, 31, warga Kricak Kidul, Tegalrejo I Kota Jogja. Adapun korbannya adalah Sulistyorini, 30. Kapolsek Pakem Kompol Sudaryanto menjelaskan, tindak pidana pencurian dengan pemberatan itu terjadi sekitar pukul 11.30 di rumah korban Sulistyorini. Saat itu korban tengah keluar rumah untuk berbelanja. Setelah beberapa menit kembali ke rumah, mendapati jendela rumahnya sudah terbuka dengan cara dicongkel.

Korban kaget saat masuk ke dalam rumah, ternyata sudah ada tersangka Sri Lestari dengan membawa sejumlah perhiasan dan uang tunai dari dalam rumah. Sadar ada pencuri di dalam rumah, korban pun berupaya menangkap. Sementara tersangka nekat untuk keluar rumah. Keduanya sempat terjadi duel hingga korban terjatuh dan celananya sobek. Namun korban berteriak dan didengar warga kemudian tersangka berhasil ditangkap. “Warga berdatangan lalu ditangkap diserahkan ke Mapolsek,” terangnya, Senin (28/3).

Modus yang digunakan, tersangka berpura-pura sebagai tamu. Setelah memastikan rumah dalam keadaan kosong, lalu mencongkel jendela dan masuk untuk mengambil barang berharga. Untuk datang ke tempat kejadian perkara (TKP), pelaku mengendarai motor Yamaha Mio nopol AB 3640 XG. “Barang yang diambil berupa uang yang ada di dompet Rp227.500 dan emas 19,5 gram senilai Rp6 juta,” tegasnya.

Saat diperiksa tersangka mengaku nekat membobol rumah orang untuk mencuri karena suaminya sudah tidak bisa bekerja karena sakit. Selain itu, tersangka yang berstatus sebagai IRT tersebut juga berjualan soto. Ironisnya, tetap mencuri dengan cara membobol dengan alasan kurang untuk mencukupi kebutuhan terutama membayar cicilan motor yang dipakai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya