Kirim 9 Personel, IOF Jateng Dirikan Dapur Umum di Lereng Semeru

Kesembilan anggota IOF Jateng itu selama ini kerap berjibaku sebagai sukarelawan SAR di Soloraya dan Jawa Tengah.

 Ketua tim rescue dari IOF Jateng, Andi Priyono (dua dari kiri), setelah pendirian dapur umum di Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (Istimewa/IOF Jateng)

SOLOPOS.COM - Ketua tim rescue dari IOF Jateng, Andi Priyono (dua dari kiri), setelah pendirian dapur umum di Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (Istimewa/IOF Jateng)

Solopos.com, LUMAJANG — Pengurus Daerah (Pengda) Indonesia Offroad Federation (IOF) Jawa Tengah menugaskan sembilan anggotanya untuk membantu proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

PromosiDesain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Penugasan itu tertuang dalam surat bernomor 001/ST-PENGDA.JATENG/XII/2021 yang ditandatangani Ketua Pengda IOF Jateng Aryoyoga Kusumo W. tertangga 5 Desember 2021. Mereka yang bertugas adalah Gading Aji Alfarisi, Raihan Mustofa Aryatama, Rico Fancy Aprilio, Robby Sandy Pangestu, Bayu Riyadi, Tri Sunartin, Soejatno, Andi Priyono, dan Riyanto.

Kesembilan anggota IOF Jateng itu selama ini kerap berjibaku sebagai sukarelawan SAR di Soloraya dan Jawa Tengah.

“Mereka berasal dari IOF Rescue Soloraya dipimpin Andi Priyono. Yang berangkat sembilan orang dengan dua armada. Mereka bertugas untuk membuka dapur umum di jalur Malang,” ujar anggota Dewan Pengawas IOF Jateng, Sumarno, saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/12/2021) dini hari.

Sumarno mengatakan, dapur umum yang didirikan berada di wilayah Kecamatan Pronojiwo. Berdasarkan data Solopos.com, lokasi di kecamatan tersebut yang lumayan parah terdampak erupsi Semeru adalah Desa Oro Oro Ombo.

Sebenarnya, kata salah satu pebisnis di Soloraya ini, IOF Jateng akan mengirimkan personel gelombang kedua Senin pagi. Namun berdasarkan informasi dari Tim SAR Jawa Timur, personel dan armada di lokasi bencana sudah mencukupi.

“Jadi personel IOF Solo kloter kedua ditunda. Kalau logistik sudah mbludak,” katanya.

Baca Juga: Relawan SAR Soloraya: Pengungsi Butuh Pakaian dan Perlengkapan Bayi 

Pernyataan Sumarno selaras dengan salah satu sukarelawan TIM SAR dari Soloraya, Triyanto. Triyanto menyatakan kebutuhan makanan dan minuman untuk warga di lereng Gunung Semeru yang terdampak erupsi sudah mencukupi namun mereka membutuhkan pakaian dan perlengkapan bayi.

“Ini data malam hari ini. Logistik terkaver. Yang belum adalah pakaian dan perlengkapan bayi,” kata Triyanto, Minggu (5/12/2021) malam, melalui pesan Whatsapp.

Triyanto yang berasal dari Tim SAR Rescue Sahabat Muslim (RSM) Karanganyar bertugas membantu korban bencana di Kelurahan Sumber Wulung, Candipurno, Lumajang.

Di kelurahan Sumber Wulung ada satu dusun yang masih tertimbun abu Semeru dan belum bisa dilakukan evakuasi akibat tebalnya material letusan.

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Kasus Kerangkeng Bupati Langkat Belum Jelas, Ini Kata Kapolda Sumut

Kasus penemuan kerangkeng manusia di kompleks rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin, di Desa Tengah, Kabupaten Langkat belum menemukan titik terang.

+ PLUS Pelegalan Ganja di Thailand, Antara Blunder dan Solusi Kesehatan

Upaya Dewan Narkotika Thailand mempersilakan warganya menanam ganja di rumah bisa jadi blunder bila tidak dibarengi penegakan aturan hukum secara optimal.

Kisah Veronika Andrews, Alumnus FISIP UNS yang Berkarier di Boeing

Veronika mengawali kariernya di Boeing pada tahun 2007. Waktu itu Vero diterima sebagai Data Management Specialist Boeing dengan sistem kontrak.

Terkini Soal Bentrok Sorong Papua, Tim DVI Polri Identifikasi 17 Korban

Tim DVI Mabes Polri mulai mengidentifikasi 17 jenazah korban pembakaran karaoke Double O Sorong saat pertikaian dua kelompok warga di Kota Solo pada Selasa (25/1/2022).

Irjen Kemendagri Minta APIP Daerah Kawal Penyusunan LPPD

Bimbingan teknis Reviu Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) ini ditujukan bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah.

Pak Harto Trending Topik, Netizen Kenang Zaman Dulu Serba Murah

Pak Harto menjadi trending topic di Twitter pada Kamis (27/1/2022) atau tepat 14 tahun peringatan hari dia wafat.

Hadiri Kuliah Tamu, Alumnus Ajak Mahasiswa UNS Kerja di Boeing

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjalin kerja sama dengan perusahaan penerbangan internasional Boeing untuk mengadakan kuliah tamu.

Update! Teror KSB di Pos Gome Papua, 3 Prajurit Yonif 408/SBH Gugur

Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Taufan Gestoro, menyampaikan tiga prajurit TNI gugur dalam baku tembak di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1/2022).

+ PLUS Food Estate Rawan Menjadi Cultuurstelsel Baru

Proyek food estate sebagai upaya mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional berdampak proletarisasi petani meluas dan rawan menjadi tanam paksa jenis baru.

Rusia Berpotensi Invasi Ukraina, Inggris Siap Kerahkan Pasukan

Inggris sedang mempertimbangkan untuk mengerahkan ratusan tentara ke kawasan Eropa Timur dalam menghadapi kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina.

+ PLUS Kekuatan Super Netizen Indonesia yang Jatuhkan Mental Garuda Pertiwi

Skuat Garuda Pertiwi merasakan keganasan komentar netizen Indonesia hingga membuat mental mereka jatuh sebelum bertanding di Piala Asia Wanita.

Pos Gome Papua Diserang KSB, Dua Prajurit TNI Meninggal

Sebanyak dua prajurit TNI meninggal dampak serangan KSB ke Pos TNI di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua pada Kamis (27/1/2022) pagi.

Terkini, Kata Warga Soal Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat

Ratusan warga mendatangi kerangkeng di rumah pribadi Bupati Langkat nonaktif, Terbit Rencana Perangin Angin, di Desa Raja Tengah, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut).

+ PLUS Petani Belum Menjadi Subjek Utama Proyek Nasional Kedaulatan Pangan

Berdasar pengalaman dan realitas sepanjang 2021 sistem pangan dan pertanian masih dalam kondisi rentan. Petani belum menjadi subjek utama narasi besar ketahanan pangan nasional.

10 Berita Terpopuler: Istana Pamularsih Semarang-Begal Payudara Sragen

Kabar bangunan tua yang dikenal dengan sebutan Istana Pamularsih di Kota Semarang dan pelaku begal payudara di Sragen menjadi berita terpopuler di Solopos.com Kamis (27/1/2022).

Solopos Hari Ini: Pedagang Kecil Kian Terpuruk

Harga minyak goreng Rp14.000 per liter belum berlaku di pasar tradisional meski kebijakan satu harga telah ditetapkan. Belum ada penjelasan mengapa pemerintah belum bisa mengendalikan harga dan pasokan.