SOLOPOS.COM - Kirab 1 Sura Solo (JIBI/Solopos/Dok)

Kirab 1 Sura baru akan digelar Keraton Solo malam nanti.

Solopos.com, SOLO — Malam 1 Sura 1949, tahun ini menurut Keraton Solo jatuh pada Rabu (14/10/2015) pukul 16.00 WIB. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat baru akan menggelar kirab sembilan kerbau bule dan 9 pusaka Keraton Solo Rabu malam mulai pukul 21.00 WIB nanti.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Wakil Pengageng Sasono Wilopo Keraton Solo, K.P. Winarno Kusumo, pekan lalu, mengatakan Malam 1 Sura 1949 tahun ini jatuh pada 14 Oktober pukul 16.00 WIB. Dia mengatakan kirab pusaka beserta kerbau bule akan dilaksanakan 15 Oktober pukul 00.00 WIB. Prosesi kirab dimulai pukul 21.00 WIB.

Ada sembilan pusaka dan sembilan kerbau bule yang akan dikirab. Prosesi upacara adat akan dilepas Pelaksana Tugas (Plt) Raja Keraton Solo, K.G.P.H. Puger. “Paugeran harus dipegang teguh. Keraton sudah berkoordinasi pada Pemkot terkait teknis pelaksanaan. Persiapan kami sudah 80%. Tinggal pelaksanaannya saja. Acara dimulai pukul 21.00 WIB dengan Dukutan dan Wilujengan Haul PB X. Mulai pukul 24.00 WIB digelar Kirab Satu Sura,” terang Winarno, Senin (12/10/2015).

Winarno menuturkan terdapat sembilan pusaka dan sembilan kerbau yang akan diarak menyusuri rute Keraton Solo-Alun-alun Utara-Gladak-Jl. Mayor Kusmanto-Jl. Kapten Mulyadi-Jl. Veteran-Jl. Yos Sudarso-Jl. Slamet Riyadi-Gladak-kembali ke Keraton Solo. “Rutenya seperti biasa. Tidak ada yang berubah. Seperti paugeran,” jelasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya