SOLOPOS.COM - KIrab Malam 1 Sura (Dok/JIBI/Solopos)

Kirab 1 Sura, Pemkot mengantisipasi untuk mengamankan pasar darurat Klewer di Alun-alun Utara.

Solopos.com, SOLO–Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) Kota Solo akan mengerahkan puluhan petugas untuk pengamanan Pasar Klewer darurat di Alun-alun Utara (Alut) selama gelaran Kirab 1 Sura di Keraton Kasunanan Surakarta Hadingrat, Kamis (14/10/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala DPP Subagiyo mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ihwal pelaksanaan Kirab 1 Sura.  Selain personel pengaman internal pasar, dilibatkan pula elemen petugas keamanan lain, seperti Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas), serta Kepolisian untuk pengamanan pasar darurat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sejak Kamis sore, petugas pengaman pasar sudah disiagakan. Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB, pasar disterilkan dari aktivitas apa pun,” katanya ketika dijumpai Solopos.com, di Balai Kota, Sabtu (10/10/2015).

Subagiyo mengatakan hanya petugas keamanan yang diperbolehkan berada di dalam pasar darurat. Mereka akan dilengkapi dengan identitas khusus sebagai penanda aparat keamanan pasar darurat. Diakui Subagiyo, akan ada kerumunan masyarakat selama gelaran Kirab 1 Sura. Kerumunan ini bahkan terjadi di kawasan Alut yang kini digunakan sebagai pasar darurat pedagang Klewer.  “Diperkirakan jumlahnya ada puluhan ribu orang, ini memunculkan kerawanan tersendiri bagi keamanan pasar,” kata Subagiyo.

Subagiyo mengatakan pengamanan ekstra ketat menjadi pilihan terbaik, dengan mensterilkan kawasan pasar dari aktivitas apa pun. Demikian pula aktivitas parkir di kawasan Alut akan dialihkan ke kantong-kantong parkir sekitar pasar.

Skenario pengamanan pasar darurat pedagang Klewer, menurut Subagiyo, sudah dikoordinasikan dengan seluruh pihak terkait, termasuk polisi, serta kalangan pedagang.

Diketahui kondisi pasar darurat pedagang Klewer hanya dibatasi pagar keliling setinggi kurang dari 1,5 meter, sehingga harus dipantau terus menerus secara mobile. Subagiyo meminta pedagang tak perlu khawatir dengan keamanan pasar selama pelaksanaan Kirab 1 Sura.

“Semua kemungkinan gangguan keamanan telah diperhitungkan saat menyusun skenario pengamanan,” ujarnya.

Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta K.P. Winarno Kusumo belum lama ini mengatakan, rute kirab malam 1 Sura tetap sama seperti tahun tahun sebelumnya. Sesuai pakem, kirab yang identik dengan kerbau bule keturunan Kiai Slamet, melewati Ringin Kurung dan melampau Gladak.

“Sejak dahulu rute kirab harus melewati dua ringin kurung, padahal dua ringin tersebut berada di tengah pasar darurat. Namun tetap kami lewati. Kami sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk menjaga pasar sementara saat dilintasi nanti,” jelasnya.

Selain Kerbau keturunan Kiai Slamet, pusaka milik keraton juga akan dikirab. Dua hari sebelumnya, pihak keraton akan melakukan latihan kirab khusus kerbau keturunan kiai Slamet. Kirab malam 1 Sura dijadwalkan akan berlangsung mulai pukul 24.00 WIB. Pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat akan menggelar Kirab 1 Sura pada Kamis (14/10/2015) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya