SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Dokumentasi)

Kirab 1 Sura dilaksanakan Keraton Solo yang menampilkan Kerbau Kiai Slamet.

Solopos.com, SOLO – Kirab malam Satu Sura yang digelar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (14/10/2015) hingga Kamis (15/10/2015) dini hari, disaksikan ribuan penonton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para penonton yang datang dari berbagai wilayah itu rela menunggu berjam-jam di pinggir jalan untuk menonton rombongan kirab tersebut.

Sejumlah jalan pun dialihkan petugas karena digunakan dipadati warga yang ingin menonton kirab itu. Rombongan kirab ini baru tiba di Jl. Veteran Solo sekitar pukul 01.20 WIB.

Salah seorang penonton, Sutarmi mengaku telah menunggu rombongan Kebo Kiai Slamet sejak pukul 23.00 WIB. Warga Pasar Kliwon Solo ini datang beserta anak dan tetangganya.

Dia mengatakan hampir setiap tahun meluangkan waktu untuk menonton kirab Keraton Kasunanan Surakarta ini. Hal yang paling dinantikan adalah saat sejumlah kerbau bule berjalan dalam kirab.

“Kerbau bule kan yang khas dari kirab ini,” kata dia.

Warga lain, Hardi, 54, mengatakan sudah beberapa tahun tidak menonton kirab keraton ini. Menurut dia, hal yang paling dinantikan adalah saat sembilan kerbau bule kyai Slamet dikirab.

Selain kerbau bule, rombongan yang dinantikan lainnya adalah rombongan keluarga keraton dan abdi dalem yang tidak mengenakan sandal selama kirab berlangsung.

“Saya mengajak anak-anak juga, kirab ini sangat menarik,” ujar warga Grogol, Sukoharjo ini.

Rombongan kirab sepanjang sekitar dua kilometer ini juga berkali-kali harus berhenti karena menunggu sembilan kerbau bule yang sering kali berhenti di sepanjang jalan.

Sang pawang juga kerap berhenti untuk menenangkan kerbau itu dan mau kembali berjalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya