SOLOPOS.COM - Kerbau Kiai Slamet mengikuti kirab (Fajar T/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kirab 1 Sura yang mengarak kerbau bule Kiai Slamet segera dimulai. Hingga Selasa (5/11/2013), sekitar pukul 00.00 WIB, sebanyak delapan kerbau Kiai Slamet mulai memasuki Kori Kamdangungan.

Kirab 1 Sura

Abdi dalem Keraton Solo mengikuti kirab (Fajar T/JIBI/Solopos)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari pantauan Solopos.com, kerbau yang datang dari arah selatan, kerbau digiring oleh sang pawang untuk masuk ke Kori Kamandungan kompleks Keraton Solo sebelum diberangkatkan mengikuti kirab.

Salah satu pengageng Keraton, KP Winarno menyebutkan dalam kirab dini hari ini memang hanya kerbau Kiai Slamet yang dikirab. Sebagaimna diketahui kunci ruang pusaka Keraton Solo dibawa oleh PB XIII. Padahal, PB XIII telah mengeluarkan dhawuh untuk tak melaksanakan Kirab dan membubarkan Dewan Adat.

Namun, Dewan Adat tetap nekat menggelar kirab tersebut. “Kirab 1 Sura itu memang mengirab pusaka. Nah Kerbau Kiai Slamet ini kan juga salah satu pusaka, jadi tidak masalah meski pusaka lainnya tak dikirab,” ujar Ninarno.

Ratusan abdi dalem mulai mengikuti kirab dengan pengawalan ketat polisi.

Sementara itu rute kirab akan mengitari Baluwarti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya