SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Jabatan staf ahli bupati pada struktur organisasi Pemerintahan Gunungkidul mulai dipertanyakan. Pasalnya, fungsi staf ahli selama ini dinilai kurang berperan dalam perumusan kebijakan dan strategi taksis.

“Selama ini saya belum melihat kiprah dan gaungnya. Saya tidak paham apakah jabatan ini sekadar pengkandangan pejabat saja dan tidak mendapat kesempatan untuk melakukan eksplorasi kebijakan untuk bupati atau sebab lain, yang jelas peran selama ini hanya mewakili Bupati mendatangi kegiatan-kegiatan masyarakat,” kata koordinator lembaga swadaya masyarakat Sarana Rembung Antar warga Gunungkidul (Srawung), Sutejo kepada Harian Jogja, Rabu (12/10).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Sutejo, staf ahli sebenarnya bukan sebagai pelengkap struktur organisasi dalam pemerintahan melainkan memiliki peran penting dalam dalam perumusan kebijakan strategis hingga strategi taktis dalam pencapaian target-target pembangunan daerah. “Pemikiran, gagasan atau ide-ide segar staf ahli cukup dibutuhkan untuk membantu kelancaran bupati melaksanakan berbagai program agar tersasar dengan jelas. Dan itu belum optimal terlihat,” ujar Sutejo.

Tak hanya Srawung, FPG DPRD Gunungkidul juga menyebutkan minimnya peran sraf ahli selama ini yang menjadi bagian dari ini pandangan umum dalam rapat paripurna beberapa waktu lalu. “Hanya saja kami sepakat staf ahli ini diperankan secara maksimal oleh pihak pengguna yakni Bupati dengan melihat kemampuan dan pengalaman serta keahlihan dibidang yang dibutuhkan bupati,” kata Ketua FPG, Heri Nugraha.

Ketua Fraksi PKS DPRD Gunungkidul, Imam Taufik mengakui, selama ini jabatan staf ahli belum diperjelas lagi tupoksinya. PKS meminta bupati untuk mempetimbangkan kapasitas staf ahli terhadap aspek-aspek tertentu. Keahlian dari setiap staf ahli harus bisda dipertanggungjawabkan.(Harian Jogja/Endro Guntoro)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya