Kiprah Anak-Anak Bos Sinarmas: Oe Hong Liong hingga Bos Perusahaan Investasi Shanghai

Kabar meninggalnya salah seorang pionir dunia bisnis Indonesia, Eka Tjipta Widjaja, membentuk duka yang mendalam bagi siapapun yang pernah mendengar namanya. Siapa yang tak kenal dengan pendiri konglomerasi bisnis Sinarmas tersebut? Merek bisnisnya di mana-mana dan tidak sedikit pula kontribusinya dalam sejarah dunia bisnis Tanah Air.

Kiprah Anak-Anak Bos Sinarmas: Oe Hong Liong hingga Bos Perusahaan Investasi Shanghai

SOLOPOS.COM - Eka Tjipta. (Bisnis.dok)

Solopos.com, JAKARTA – Pendiri Grup Sinarmas Eka Tjipta Widjaja tutup usia, Sabtu (26/1/2019) di kediamannya, Menteng, Jakarta Pusat. Pria kelahiran Quanzhou, China, 23 Desember 1923 ini meninggalkan karyanya berupa yayasan nirlaba Eka Tjipta Foundation dan konglomerasi Sinar Mas Group yang bergerak di bidang perkebunan, pulp and paper, properti, keuangan, serta energi.

Teguh Ganda Widjaja, anak pertama dari Trinidewi dan Eka Tjipta, merupakan Presiden Komisioner  pabrik kertas PT Tjiwi Kimia Tbk dan PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Dia juga menjabat berbagai posisi strategis dalam gurita bisnis Grup Sinarmas.

Oei Hong Leong, yang juga merupakan anak dari pasangan tersebut, membesarkan bisnis investasi di negeri jiran Singapura. Sementara itu, Franky Oesman Widjaja, menjabat sebagai CEO Golden Agri-resources Ltd dan wakil Presiden Komisioner perusahaan properti PT Bumi Serpong Damai Tbk, selain bertangung jawab atas berbagai jabatan di perusahan grup Sinar Mas lainnya.

Anak keempat pasangan tersebut Indra Widjaja lebih banyak bergerak di sektor finansial, dan mengepalai PT Sinar Mas Multi Artha Tbk sebagai presiden komisioner dan menjadi Presiden Direktur PT Asuransi Sinar Mas.

Selain keempat nama di atas, anak-anak pasangan tersebut lainnya juga berkiprah di dunia bisnis. Sukmawati Widjaja, misalnya, merupakan Executive Chairman  dari Top Global Limited, perusahan yang berfokus di sektor real estate dan hospitality.

Lalu masih ada pula, Muktar Widjaja yang merupakan CEO Sinarmas Land Ltd. Dan presiden dari Golden Agri-Resources Ltd., dan si anak kelima Djafar Widjaja yang merupakan otak dari Bund Center Investment Ltd. di Shanghai, China.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tinggi Hanya 51 cm, Sapi Ini Diklaim Terkecil di Dunia

Seekor sapi yang mempunyai tinggi 51 sentimeter diklaim pemiliknya menjadi sapi terkecil di dunia dan telah didaftarkan ke Guinness World Records.

Warga Klaten Di Perantauan Kirim Bantuan 100 Tabung Oksigen Medis

Paguyuban Warga Klaten di perantauan mengirim bantuan oksigen medis sebanyak 100 tabung yang diserahkan ke Bupati Klaten pada Kamis.

Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali

Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3 di Kabupaten Boyolali, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.

Layanan Tes Covid-19 dan Vaksinasi di Bandara – Stasiun, Cek Jadwal dan Tarifnya

Kini bandara di bawah otoritas Angkasa Pura 1 ini melayani dua tes Covid-19, yakni tes PCR dan tes antigen, serta vaksinasi Covid-19.

Ngaku Petugas Puskesmas Teror Peserta Vaksinasi Di Boyolali, Pelaku Sebut Ini Motifnya

Identitas dan motif pengirim pesan teror kepada dua perempuan peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Boyolali, akhirnya terungkap.

Kebakaran Dua Rumah Di Grobogan Diduga Karena Korsleting

Kebakaran dua rumah di Grobogan tersebut terjadi di Kecamatan Pulokulon dan Kecamatan Toroh, pada pagi dan siang hari, Kamis (29/7/2021).

Update Covid-19 Hari Ini: Positif 43.479, Sembuh 45.494, Meninggal 1.893

Secara keseluruhan kasus positif Covid-19 di Indonesia hingga saat ini mencapai 3.31.206.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

Jonatan Christie Gagal Ikuti Anthony Ginting ke Perempat Final Olimpiade Tokyo 2020

Jonatan Christie ditumbangkan tunggal putra China, Shi Yuqi, dengan dua game langsung 11-21, 9-21.

Keren! 6 Organisasi Mahasiswa Siap Bantu Penanganan Covid-19 Jateng

Mereka kemudian berdiskusi dengan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, terkait keterlibatan mahasiswa dalam penanganan Covid-19 di masyarakat.

Bantu UKM Kuliner, Fakultas Pertanian UNS Sosialisasi Keamanan Pangan Produk Frozen Food

Prodi llmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) UNS dengan melakukan sosialisasi keamanan pangan produk frozen food dan pengurusan izin edar MD bagi pelaku usaha kuliner di Solo.