Kios Darurat II Pasar Legi Solo Mulai Ditempati, Kawasan Monjari Rawan Macet
Kios darurat II Pasar Legi Solo. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLOKios darurat tahap kedua Pasar Legi Solo yang dibangun sejak awal Oktober 2019 siap ditempati pada Sabtu (14/12/2019). Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo mengkaji potensi kepadatan di seluruh ruas jalan pasar darurat.

Apabila diperlukan, Dishub Solo akan membuat manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) baru. Kasi MRLL Dishub Kota Solo, Mudo Prayitno, mengatakan lalu lintas di sekitar kios darurat I Pasar Legi cenderung dinamis dan jarang terjadi kepadatan lalu lintas.

Namun, lokasi pasar darurat II senilai Rp2 miliar itu berada di Jl. Sabang, Jl. D.I. Pandjaitan, sekitar Taman Monumen 45 Banjarsari (Monjari), dan Pasar Elpabes merupakan kawasan padat lalu lintas.

“Pemetaan sudah kami lakukan, mengingat dengan adanya pasar darurat secara otomatis ruas jalan menyempit. Namun, akses keluar masuk kan cukup banyak sehingga yang menjadi persoalan lokasi bongkar muat saja. Nanti sekalian diatur lokasi yang tepat dan tidak menganggu aktivitas lalu lintas dan jual beli,” ujarnya saat ditemui Solopos.com, Jumat (13/12/2019).

Ia menambahkan penataan MRLL di sekitar pasar darurat juga mencakup penataan aktivitas kendaraan proyek pembangunan Pasar Legi. Ia meyakini kendaraan proyek lanjutan pembangunan Pasar Legi yang sedang dilelang itu berdampak pada arus lalu lintas.

Menurutnya, saat ini belum diketahui batas lanjutan proyek pembangunan pasca-kebakaran Pasar Legi. Sehingga, pengaturan akses lalu lintas kendaraan proyek hingga pengaturan waktu pengiriman material belum dapat dilakukan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo, Heru Sunardi, mengatakan pengundian nomor los pasar darurat dimulai sejak Rabu (11/12/2019). Pengundian nomor untuk 655 pedagang diselesaikan pada Senin (23/12/2019).

Cerita Korban Selamat Tragedi Pagar Alam: Bus Sriwijaya Nyemplung Parit Nyaris Terbalik

Kios darurat Pasar Legi Solo dibagi berdasarkan zonasi jenis dagangan. Menurutnya, pengundian nomor los digelar secara maraton agar tidak menganggu aktivitas jual beli para pedagang.

“Pedagang yang sudah memperoleh nomor dapat langsung mengisi kios maupun los pasar darurat dengan batas waktu pada Selasa (31/12),” ujarnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom