Kini, Pengunjung RSUD Sragen Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi

Selama 1-2 bulan ini RSUD Sragen masih menyosialisasikan aturan wajib pakai aplikasi PeduliLindungi bagi pengunjung RS. Setelah itu mereka akan memberlakukannya secara tegas.

 Seorang pengunjung memindai kode batang aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan ponselnya sebelum memasuki bangsal VIP RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

SOLOPOS.COM - Seorang pengunjung memindai kode batang aplikasi PeduliLindungi dengan menggunakan ponselnya sebelum memasuki bangsal VIP RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Setiap pengunjung di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen wajib memindai QR Code pada aplikasi PeduliLindungi yang ditempel di setiap pintu masuk bangsal. Bila tidak bisa memindai maka pengunjung wajib menunjukkan kartu vaksin kepada petugas. Tanpa dua cara itu maka pengunjung dilarang menjenguk pasien di RSUD Sragen.

Kebijakan tersebut merupakan upaya pengetatan dan antisipasi persebaran Covid-19 di RSUD Sragen.

PromosiTien Soeharto Kelahiran Karanganyar, Pencetus Larangan ASN Poligami

Wakil Direktur Pelayanan Mutu RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Joko Haryono, saat ditemui wartawan, Senin (29/11/2021), menunjukkan tempat memindai QR Code PeduliLindungi di pintu masuk bangsal VIP.

“Setiap pengunjung wajib memindai kode batang itu. Dalam 1-2 bulan ke depan kami masih tahap sosialisasi kepada warga. Setelah dua bulan, maka kami berlakukan aturan itu dengan tegas. Hampir semua pelayanan di RSUD sudah ada kode akses cepat PeduliLindungi,” ujarnya.

Baca Juga: Baru Masuk RS, Sejumlah ASN di Sragen Dapat Kejutan di Hari Korpri

Direktur RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen, Didik Haryanto, menyampaikan pihaknya juga melakukan screening pasien tertentu yang mengarah pada gejala Covid-19. Dia menerangkan status pandemi Covid-19 belum dicabut sehingga standar operasional prosedur (SOP) dalam penanganan pasien masih tetap berjalan.

“Kondisi sekarang ruang ICU [intensive care unit] Covid-19 tak ada pasien. Di ruang isolasi Covid-19 pun hanya diisi pasien suspect. Sementara pasian non Covid-19 belum menunjukkan grafik meningkat karena masih banyak masyarakat yang takut ke rumah sakit. Penataan SDM [sumber daya manusia] sudah dikembalikan pada awal sebelum pandemi,” ujarnya.

Didik menerangkan untuk menyikapi SOP Covid-19 itu diterapkan bagi pasien yang dicurigasi mengarah ke Covid-19. Dia mengatakan bila ada indikasi kecurigaan ke Covid-19 maka diberlakukan screening dengan swab test.

Baca Juga: Sistem Merit Hilangkan Lelang Jabatan di Pemkab Sragen

“Sebenarnya pasien Covid-19 itu sekarang kelihatan karena sejak awal masuk ada skor awal untuk menentukan seorang pasien suspect Covid-19 atau tidak. Jumlah pasien non Covid-19 hanya 130 orang dari kapasitas 300 orang. Kami berharap dengan penyikapan itu masyarakat tidak takut ke RSUD,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

+ PLUS Pemilihan Presiden 2024, Elektabilitas Lebih Penting daripada Platform

Platform atau program kerja kandidat presiden tampak tidak begitu penting menuju pemilihan presiden 2024. Prioritas menuju pemilihan presiden 2024 adalah elektabilitas kandidat setinggi-tingginya.

Berita Terkini

Pura-Pura Mau Beli, Warga Karangnongko Klaten Gondol Motor Showroom

Pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor di showroom yang berada di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom, Kabupaten, Klaten, Jawa Tengah, akhirnya ditangkap polisi.

Joss! Pelajar SMA di Teras Boyolali Diterima di 7 Kampus Luar Negeri

Kisah inspiratif kali ini tentang seorang pelajar SMA asal Teras, Boyolali, diterima di tujuh kampus luar negeri.

Misteri Jembatan Jurug Solo: Bunga Tabur, Onggo-Inggi & Gundul Pringis

Jembatan Jurug Lama di Kota Solo konon menyimpan segudang kisah misteri.

Waduh! Pemuda Wonogiri Emoh Jadi Petani

Generasi muda di Wonogiri, Jawa Tengah, enggan belajar di bidang pertanian.

Sekolah di Sragen Siap PTM 100%,

Sekolah di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, sudah siap menggelar PTM secara penuh.

Ini Alasan Kemenparekraf Bangun Kampus Rp400 Miliar di Gemolong Sragen

Keberadaan kampus Politeknik Pariwisata senilai Rp400 miliar yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, diyakini akan membawa multiplier effects bagi warga setempat.

Wah! TPA Sampah Putri Cempo Solo Disiapkan Jadi Tempat Wisata Edukasi

Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sampah Putri Cempo di Mojosongo, Solo, diproyeksikan menjadi tempat wisata edukasi.

Curhatan Ibu-Ibu Solo Pengguna Sepur Kelinci: Dulu Senang, Kini Waswas

Sejumlah ibu-ibu yang kerap naik sepur kelinci untuk hiburan bersama anak-anak mereka di wilayah Solo mengaku kini takut naik kendaraan tersebut setelah peristiwa kecelakaan di Boyolali.

Tak Hanya Ganjar dan Rudy, Gibran Juga Absen Halalbihalal PDIP Jateng

Selain Ganjar Pranowo yang tak diundang, FX Hadi Rudyatmo dan Gibran Rakabuming Raka yang diundang juga tak menghadiri halalbihalal DPD PDIP Jateng.

TPA Putri Cempo Solo Bakal Impor Sampah, Dari Mana?

TPA Putri Cempo di Mojosongo, Solo, akan impor sampah untuk memenuhi kebutuhan operasional PLTSa beberapa tahun ke depan.

Kereta Kelinci di Klaten hanya Diperbolehkan Beroperasi di Area Wisata

Jajaran Polres Klaten mengimbau ke pemilik/pengelola kereta kelinci tidak mengoperasikan kendaraan tersebut di jalan raya di Kabupaten Bersinar.

Dulu Penuh Sampah, Lahan di Mojayan Klaten Kini Jadi Tempat Berkuda

Ada tempat berkuda yang terhitung baru di Klaten. Namanya de Christo Equine Park.

Agrowisata Tani Manunggal Selogiri Wonogiri Ajak Anak Muda Bertani

Agrowisata Barro Tani Manunggal berdiri di Desa Jaten, Kecamatan Selogiri. Agrowisata tersebut menjadi tempat bagi siapa pun yang ingin belajar bercocok tanam dengan benar.

Wow! Politeknik Pariwisata Sragen Dilengkapi Hotel Internasional Lur

Kampus Politeknik Pariwisata yang akan dibangun Kemenparekraf di Gemolong, Sragen, akan dilengkapi sejumlah fasilitas pembelajaran mewah hotel berkelas internasional.

Basarnas Pos SAR Surakarta Bertemu Perwakilan Sukarelawan se-Soloraya

Basarnas Pos SAR Surakarta menyelenggarakan halalbihalal di kantor Basarnas Pos SAR Surakarta Jl. Tentara Pelajar, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, pada Sabtu (14/5/2022).