SOLOPOS.COM - Logo Pemkab Klaten (Ist)

Kinerja Pemkab Klaten, ada ratusan kegiatan yang belum dilaksanakan hingga menjelang akhir tahun.

Solopos.com, KLATEN–Hingga akhir Agustus, serapan anggaran di APBD 2015 masih minim. Sementara, ada ratusan kegiatan dengan tingkat realisasi nol persen atau belum dijalankan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu terungkap saat digelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Kegiatan (Rakorlak) 2015 di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (29/9/2015). Kabag Pembangunan Setda Klaten, Gatot Sigit Budiyanto, mengatakan ada 291 kegiatan yang hingga kini belum terealisasi atau capaiannya nol persen. Jumlah itu sekitar 11% dari total kegiatan yang dilaksanakan pemkab.

Kegiatan yang hingga kini belum terealisasi beragam. Hanya, tak diperinci SKPD serta jenis kegiatan yang belum terlaksana.
“Itu merupakan realisasi kegiatan. Tidak sekadar proyek fisik, ada juga yang berupa kegiatan lain seperti sosialisasi,” jelas dia saat ditemui seusai Rakorlak, Selasa.

Sementara berdasarkan data yang dihimpun ada 405 kegiatan dengan persentase capaian 1-25%. Selain itu, terdapat 403 kegiatan yang sudah terealisasi 100% atau terlaksana sepenuhnya.

Terkait penyebab kegiatan belum terealisasi, Sigit menjelaskan beragam. Beberapa kegiatan belum terlaksana lantaran kesalahan administrasi seperti kesalahan dalam pengetikan dokumen. Selain itu, ada sejumlah kegiatan yang masih menyesuaikan dengan aturan.
“Ada juga kegiatan dari 2P0A [bantuan pembangunan sarana dan prasarana daerah] yang bersumber dari provinsi masih menunggu veirfikasi,” urai dia.

Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi, menjelaskan serapan anggaran APBD 2015 masih rendah. Hingga akhir Agustus 2015 serapan APBD baru mencapai 30%. Sementara, pada APBD-P ada penambahan belanja sekitar Rp141,8 miliar.

Waktu yang tersisa pada tahun anggaran ini yakni tiga bulan.
“Ada beberapa hal yang perlu ditegaskan, yakni penyerapan anggaran hingga akhir Agustus baru 30%. Kami harapkan masing-masing SKPD bisa meningkatkan kinerja. Apa yang sudah direncanakan bisa terlaksana sesuai perencanaan termasuk pada Rakorlak hari ini. dari sekian kegiatan banyak yang belum mencapai 100% kalau perlu ada perubahan strategi. Karena waktu yang tersisa tinggal sedikit sekali,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya