SOLOPOS.COM - ilustrasi (Ist)

ilustrasi

Kanalsemarang.com, SEMARANG – Pimpinan panitia khusus pembahasan rancangan peraturan tentang tata tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, terpilih melalui voting setelah tidak ada mufakat pada musyawarah yang dilakukan sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Voting pemilihan pimpinan pansus tata tertib tersebut diikuti oleh 20 anggota dewan dari delapan fraksi yang telah terbentuk sebelumnya dan berlangsung pada rapat paripurna DPRD Jateng, Rabu (24/9/2014).

Dalam voting secara tertutup itu, Sriyanto Saputra dari Fraksi Gerindra terpilih sebagai pimpinan pansus tata tertib DPRD Jateng setelah meraih 11 suara, sedangkan wakil pimpinan pansus adalah Bambang Haryanto Baharudin dari Fraksi PDIP yang hanya meraih sembilan suara.

Sriyanto yang ditemui usai rapat paripurna menjelaskan bahwa ke-20 anggota dewan sebelum melakukan voting untuk memilih pimpinan pansus tata tertib telah melakukan musyawarah, namun tidak mencapai mufakat.

“Sebelum voting ada usulan yang menjadi pimpinan pansus tata tertib itu dari Gerindra dan PPP yang belum pernah memegang posisi tersebut, namun ada juga usulan kalau posisi itu diduduki oleh PDIP sebagai partai peraih suara terbanyak di DPRD Jateng,” ujarnya seperti dikutip Antara.

Sriyanto menolak disebutkan ada konsolidasi anggota fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih saat pemilihan pimpinan pansus tata tertib DPRD Jateng.

“Ini tadi spontan saja, tidak ada konsolidasi tapi tetap kami komunikasikan dengan Koalisi Merah Putih,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa anggota pansus tata tertib DPRD Jateng akan langsung menggelar rapat untuk segera menyusun tata tertib dewan.

“Targetnya tata tertib anggota dewan bisa selesai pada pertengahan Oktober 2014 dan juga segera dibentuk alat kelengkapan dewan seperti struktur komisi, badan legislasi, serta badan kehormatan sehingga anggota dewan bisa segera melaksanakan tugas-tugasnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya