SOLOPOS.COM - Ilustrasi jumlah kursi DPRD Kota Solo 2024 (JIBI/dok)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Jumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah periode 2014-2019 berkurang satu dibandingkan dengan periode sebelumnya.

“Iya, dipastikan jumlah fraksi DPRD Jateng berkurang dari sembilan fraksi menjadi delapan fraksi,” kata Sekretaris DPRD Provinsi Jateng Prijo Anggoro seperti dikutip Antara, Rabu (10/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia mengungkapkan bahwa sebelumnya pada DPRD Provinsi Jateng periode 2009–2014 terdapat Fraksi Hanuraku yang merupakan gabungan dari Partai Hanura dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU).

Ekspedisi Mudik 2024

“Fraksi Hanuraku saat ini menjadi tidak ada karena kedua partai politik tersebut gagal meraih kursi di DPRD Provinsi Jateng pada Pemilu 2014,” ujarnya.

Delapan fraksi yang ada di DPRD Provinsi Jateng berdasarkan perolehan jumlah kursi partai politik pada Pemilu 2014 adalah Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera.

Kemudian, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Amanat Nasional, Fraksi Partai Demokrat, dan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Ia menjelaskan bahwa Partai Nasional Demokrat yang hanya meraih empat kursi di DPRD Jateng memilih bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan karena tidak memenuhi syarat untuk membentuk fraksi sendiri.

“Syarat pembentukan fraksi di DPRD Jateng adalah minimal meraih lima kursi dewan,” katanya.

Seperti diwartakan, empat anggota DPRD Provinsi Jateng periode 2014–2019 dari Partai Nasdem berencana bergabung dengan Fraksi PDI Perjuangan karena perolehan kursi partainya di tingkat provinsi kurang dari syarat yang telah ditentukan.

“Sudah ada pembicaraan awal mengenai hal tersebut dengan PDI Perjuangan dan akan kami tindak lanjuti supaya ada titik temu,” ujar anggota DPRD Provinsi Jateng dari Partai Nasdem Ali Mansyur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya