SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Kanalsemarang.com, SEMARANG—Sebanyak 100 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Jawa Tengah periode 2014-2019 setiap bulan akan menerima uang representasi atau gaji Rp25,7 juta dari APBD Jateng.

“Besaran uang representasi anggota dewan itu masih bisa bertambah jika yang bersangkutan menjabat sebagai pimpinan dewan dan ketua fraksi,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Jateng Rani Ratnaningdyah seperti dikutip Antara, Jumat (12/9/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rincian gaji anggota dewan yang akan diberikan mulai Oktober 2014 itu adalah uang representasi Rp2.250.000, uang paket Rp225.000, uang tunjangan jabatan anggota dewan Rp3.262.000, uang tunjangan keluarga Rp315.000 (bagi anggota dewan yang sudah berkeluarga), uang tunjangan komunikasi insentif Rp7.650.000, dan uang tunjangan perumahan Rp12 juta.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan bahwa mulai 2015, dana asuransi untuk anggota dewan tidak dianggarkan pada APBD Jateng 2015 dan sebagai gantinya maka para legislator akan diikutkan program BPJS Kesehatan.

“Untuk tiga bulan kedepan (Oktober, November, Desember 2014), anggota dewan akan melanjutkan program asuransi seperti yang telah dianggarkan pada APBD Jateng 2014,” ujarnya.

Terkait dengan pembentukan alat kelengkapan dewan, Rani mengatakan bahwa hal tersebut menunggu terbentuknya fraksi-fraksi di DPRD Jateng.

“Jika delapan fraksi beserta ketua, wakil ketua, dan sekretaris fraksi di DPRD Jateng sudah terbentuk, baru bisa melangkah ke tahap selanjutnya seperti pembentukan komisi serta pansus tata tertib,” katanya.

Menurut dia, pembentukan alat kelengkapan dewan ditarget selesai pada minggu ketiga Oktober 2014 karena padatnya agenda kerja dari anggota DPRD Jateng.

“Agenda anggota dewan dalam waktu dekat antara lain, membahas enam raperda yang belum diselesaikan oleh anggota dewan periode sebelumnya dan membahas RAPBD Jateng 2015,” ujarnya.

Anggota DPRD Jateng periode 2014-2019 didominasi wajah baru yang berjumlah sebanyak 64 orang, sedangkan sisanya merupakan petahana yang kembali terpilih menjadi legislator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya