SOLOPOS.COM - ilustrasi

Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan waktu tahun anggaran 2016 yang tersisa 1,5 tahun lagi.

Harianjogja.com, JOGJA – DPRD DIY memutuskan hanya melakukan satu pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Istimewa (Raperdais) setelah melalui rapat antar fraksi. Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan waktu tahun anggaran 2016 yang tersisa 1,5 tahun lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Raperdais tentang pemanfaatan tanah kasultanan dan tanah keraton yang dibahas lebih dahulu, sedangkan Raperdais tata ruang istimewa dipending pada 2017 mendatang.

DPRD DIY akhirnya memutuskan Raperdais Pertanahan dibahas tahun ini. Keputusan tersebut diambil setelah rapat konsultasi yang melibatkan Pimpinan DPRD dan Pimpinan Fraksi, kemarin. Sedangkan Raperdais urusan Tata Ruang diputuskan dibahas 2017. Dalam rapat konsultasi tersebut memutuskan, sebanyak tiga fraksi meminta pembahasan kedua Raperdais tahun 2016, tetapi empat lainnya mengusulkan salahsatu saja. Setelah melalui musyawarah, akhirnya memutuskan satu Raperdais saja yang dibahas.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung menjelaskan, keputusan itu diambil berdasarkan rapat pimpinan fraksi. Pertimbangannya karena waktu yang tersisa sekitar dua bulan lagi untuk tahun anggaran 2016. “Sehingga diputuskan dibahas hanya satu [pertanahan],” terangnya di DPRD DIY kemarin.

Sedangkan Raperdais tata ruang istimewa dibahas pada awal 2017. Meski waktu tersisa sekitar 1,5 bulan lagi, sehingga pihaknya optimistis akan selesai sebelum akhir Desember 2016. “Tentu kami akan berupaya maksimal mungkin dan memberikan yang terbaik,” ungkapnya.

Akantetapi, lanjut Yoeke, jika belum terselesaikan, tetap bisa dilanjutkan pada 2017 mendatang. “Tidak mengulang dari awal, tetap bisa dilanjutkan,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya