Kinema #3 Film Dokumenter Penuh Imajinasi Tayang di UMS Surakarta

 Panitia Kinema 2016 (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Panitia Kinema 2016 (Istimewa)

Layar alternatif Kinema #3 akan digelar di  GOR Serbaguna Kampus 2 UMS Surakarta.

Solopos.com, SOLO – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kine Club Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyelenggarakan acara tahunan yang akan mengapresiasi film-film fiksi dan dokumenter yang ada di Indonesia. Bertajuk Kinema #3, acara tersebut diselenggarakan pada Rabu (8/11/2017).

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Kine Club merupakan UKM dari Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS. Tahun ini merupakan tahun ke-3 penyelenggaraan Kinema. Mengangkat tema Jelajah Imajinasi, Kinema #3 merupakan wadah untuk menampung karya imajinasi yang dituangkan dalam bentuk film fiksi dan film dokumenter.

“Dengan diadakannya Kinema #3, harapannya  memicu kreativitas-kreativitas lain dari sineas muda pada umumnya dan anggota Kine Club pada khususnya. Harapannya ada ide-ide baru lain yang diluapkan menjadi film setelah menonton Kinema#3,” ucap Ketua Panitia Kinema #3, Nofanda Al-Ikhlas Putra Purwa.

Kinema #3 akan menampung karya-karya film fiksi dan film dokumenter dari anggota Kine Club. Nantinya karya-karya tersebut akan diputar untuk umum. Selain sebagai alternatif tontonan bagi masyarakat, Kinema #3 juga sebagai ajang apresiasi hasil karya sineas muda agar kreativitasnya semakin didukung.

Di Kinema #3, akan diputar film dokumenter yang terbilang spesial. Dalam sesi pemutaran film akan diputar film dokumenter 7 KM di Bawah Puncak Volcano. Film dokuemter tersebut mendapat Juara Harapan II Kategori Dokumenter di Festival Film Puskat. Festival tersebut diadakan Studio Audio Visual Puskat, Yogyakarta.

Film dokumenter tersebut mengisahkan cerita tentang Gunung Merapi, mulai dari siklus letusa, dampak letusan, hingga perjuangan komunitas warga di lereng Gunung Merapi untuk bersama-sama menghadapi bencana dan tantangan sosial.

Selain nonton film, Kinema #3 juga akan mengadakan diskusi dengan sutradara film setiap pemutaran selesai. Selain film dokumenter 7 KM di Bawah Puncak Volcano, Kinema #3 akan diramaikan dengan film pendek fiksi berjudul Nunut/n, Tanda Tanya, Buku Ku, The Vlog, Beda Bahasa, dan masih banyak lagi.

Kinema #3 diselenggarakan di GOR Serbaguna Kampus 2 UMS. Acara dimulai Rabu sore pukul 17.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Kalau sesuai jadwal akan ada tiga sesi pemutaran film pendek dan satu sesi pemutaran film dokumenter.

 

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

+ PLUS Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Berita Terkini

Kerugian Akibat Penyakit PMK Capai Rp9,9 Triliun

Penyakit mulut dan kuku (PMK) belakangan ini menyerang hewan ternak tengah mewabah di Indonesia. Wabah ini menimbulkan kekhawatiran khususnya bagi konsumen maupun peternak hewan.

Sukuk Rp1,158 Triliun Segera Jatuh Tempo, Ini Langkah PT PNM

Perseroan harus menjaga saldo minimal dana cadangan primer untuk kebutuhan jangka pendek, yakni dalam 5 hari ke depan, dan harus menjaga saldo minimal dana cadangan sekunder untuk kebutuhan 6-30 hari ke depan

Begini Jawaban Hotman Paris Jika Iqlima Kim Ingin Kembali Jadi Aspri

Begini jawaban Hotman Paris saat ditanya bila Iqlima Kim ingin menjadi aspri lagi.

Ribuan Honda CB Nangkring di Terminal Tirtonadi Solo, Ngapain Ya?

Ribuan sepeda motor Honda CB memenuhi di kawasan Terminal Tirtonadi Kota Solo, Minggu (26/6/2022).

Festival 1.000 Tenda Kaldera, Promosi Wisata Baru di Tepi Danau Toba

Memperkenalkan Desa Meat sebagai destinasi wisata baru yang menawarkan keindahan alam Danau Toba serta menggerakkan perekonomian desa melalui pariwisata

Begini Cara Jadi Aspri Hotman Paris, Berminat Daftar?

Cara menjadi aspri Hotman Paris sebetulnya mudah asalkan telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan sang pengacara nyentrik tersebut. 

Mau Keliling Soloraya Naik Bus Wisata Solo? Segini Tarifnya

Tarif menyewa bus wisata Dishub Solo untuk berwisata keliling Soloraya ternyata cukup ramah di kantong.

Kerusakan Lingkungan adalah Dampak Kebijakan Politik dan Pemerintahan

Urusan kerusakan lingkungan di Indonesia sebenarnya telah menjadi masalah sangat serius. Isu ini sebenarnya bagian dari domain politik. Kerusakan lingkungan adalah buah dari kebijakan dan politik.

Bus Rombongan Guru SD Masuk Jurang di Tasikmalaya, 3 Meninggal 1 Hilang

Bus terperosok ke jurang sedalam 10 meter

Kronologi Bus Tabrak Warung di Tawangmangu: Rem Blong dari Magetan

Kronologi kecelakaan bus tabrak warung di Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (25/6/2022) terjadi akibat rem blong sejak dari Magetan, Jawa Timur.

Transformasi Sunda Kelapa Jadi Jayakarta, Batavia Lalu Berganti Jakarta

Sebelum bernama Jakarta, kota ini memiliki beberapa penyebutan seperti Sunda Kelapa, Jayakarta hingga Batavia.

CFD Semarang Kembali Dibuka, Inilah 10 Ruas Jalan Ditutup

CFD kembali dibuka di Kota Semarang setelah sebelumnya ditutup sejak pandemi Covid-19, Minggu (26/6/2022). 

Ini Daftar Pemain Lokal Termahal PSIS Semarang

Berikut daftar pemain lokal atau dalam negeri di skuat PSIS Semarang yang memiliki nilai pasar tertinggi atau termahal.

Survei Pilpres 2024: Anies, Ganjar & Prabowo Kandidat Kuat Capres

Berdasarkan hasil survei, nama Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto, menjadi kandidat terkuat maju sebagai capres dalam Pilpres 2024.

Gaji ke-13 Segera Cair Lur, DPRD dan PPPK Karanganyar Juga Dapat

Komponen gaji ke-13 adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan beras, dan tunjangan PPh, tanpa potongan.