Kategori: Internasional

Kim Jong-Un Dapat Medali dari Rusia, Juara Apa Dia?


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, MOSKOW — Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mendapatkan medali dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Bukan, medali itu diberikan bukan karena Kim menjadi juara di bidang olah raga atau kesenian.

Dilaporkan Suara, Rabu (6/5/2020), sang pemimpin Korut digannjar medali Perang Dunia II dari Rusia. Dia dianggap berjasa dalam melestarikan memori perjuangan tentara Uni Soviet di Korea Utara.

Kim Jong-Un dan Vladimir Putin sama-sama tidak menghadiri seremoni pemberian medali tersebut. Kedua pemimpin itu diwakili duta besar dan menteri luar negeri masing-masing.

2 Hari Berturut-turut Kasus Positif Covid-19 di Sukoharjo Tak Bertambah

Dalam foto-foto di Facebook kedutaan besar Rusia untuk Korea Utara, terlihat duta besar Alexander Matsegora menyerahkan kehormatan kepada Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-ho di Pyongyang.

"Atas kontribusi pribadinya yang besar untuk memperingati warga Soviet yang mati dan terkubur di wilayah Korea Utara. Serta menunjukkan keprihatinan tentang keselamatan kuburan tentara Soviet dan situs peringatan, " kata kedutaan Rusia dilansir laman Moscow Times, Rabu (6/5/2020).

Setelah pemberian medali Kim Jong-Un, Matsegora dan Ri sempat mengadakan obrolan singkat. "Mereka mengonfirmasi niat untuk melanjutkan upaya aktif secara konsisten mengimplementasikan perjanjian yang bertujuan untuk mengembangkan dan memperkuat kerja sama Rusia-Korea," kata kedutaan Rusia.

Gubernur Jateng Perkenalkan Panggung Kahanan untuk Seniman Semarang

Vladimir Putin sempat mengundang Kim Jong-Un untuk datang ke Moskow demi menghadiri parade militer penanda 75 tahun kemenangan perang, pada 9 Mei lalu. Namun, pandemi virus corona membuat Presiden Vladimir Putin menunda acara tersebut hingga waktu yang belum ditentukan

Share
Dipublikasikan oleh
Ginanjar Saputra