SOLOPOS.COM - Pelestari lingkungan dari Wonogiri, Sadiman. (Istimewa)

Kick Andy Metro TV, program talkshow yang menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif akan menggelar Kick Andy Heroes 2016.

Solopos.com, WONOGIRI – Warga Wonogiri, Sadiman, 64, yang biasa disapa Mbah Sadiman menjadi salah satu dari 12 nomine Kick Andy Heroes 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, Mbah Sadiman dihubungi solopos.com, Jumat mengaku senang masuk nominasi Heroes Award 2016. Dia menceritakan kesukaannya menanam pepohonan di daerah pegunungan dilakukan sudah 20 tahun lalu.

“Saya tanam pohon berbagai jenis, termasuk bunga tetapi mayoritas pohon beringin. Pohon beringin bisa menampung air dan membuat suasana adem dan menguatkan tanah,” katanya dalam bahasa Jawa.

Lebih lanjut dia menjelaskan setiap hari dirinya keluar masuk hutan untuk memelihara tanaman yang sudah ditanam. Jarak yang tempuh dari rumah ke lokasi pohon peliharaan sekitar tiga kilometer.

“Keluar dari hutan membawa pulang rumput. Semua saya lakukan demi mencukupi kehidupan keluarga dan negara,” ujarnya.

Salah seorang sukarelawan Sadiman bernama Witono menyatakan dukungan Mbah Sadiman meraih Heroes Award telah terkumpul 1.500 lebih. “Kami sudah menyebarluaskan informasi pemilihan Mbah Sadiman menjadi hero lingkungan. Penyebarannya ke sukarelawan maupun elemen masyarakat lain. termasuk Humas Pemkab Wonogiri juga telah mendukungnya,” jelasnya.

Dia menjelaskan kesukaan Sadiman menanam pohon sudah berlangsung sejak 20 tahun lalu.

“Mbah Sadiman ingin mengembalikan suasana era 1960-an yang sejuk, cukup air. Mbah Sadiman sudah sering masuk program televisi swasta. Langkah Mbah Sadiman sudah dinikmati warga sekitar. Salah satunya air dari pegunungan disalurkan ke rumah-rumah warga,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya