SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Walikota Solo, Joko Widodo, berupaya mewujudkan produksi mobil Kiat Esemka tanpa menggantungkan dana dari investor. Menurut Walikota, Jumat (27/1), di Balaikota Solo dalam rapat dengar pendapat dengan komisi 6 DPR RI, pihaknya telah mendapatkan dukungan untuk mewujudkan produksi Kiat Esemka sebagai Mobil Nasional. Jokowi menjelaskan, biaya investasi yang dibutuhkan untuk mewujudkannya mencapai Rp 50 miliar.

Jika ada kucuran bantuan dari Pemerintah Pusat, menurut Jokowi, investasi dari luar sudah tidak lagi dibutuhkan. Nilai tersebut antara lain digunakan untuk membangun 3 gedung sebagai tempat perakitan di kompleks Solo Techno Park. Pewujudan hal ini masih menunggu keluarnya legalitas mobil seperti ijin laik jalan dan juga uji emisi.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, dengan skema bisnis yang telah dirancangnya sedikitnya 200 mobil Kiat Esemka dapat diproduksi setiap bulan. Jika sistem pembayaran dimuka bagi calon pembeli diterapkan, modal akan dapat ditekan.

Ekspedisi Mudik 2024

Bisa BBG

Selain itu, kelebihan lain dari produksi ini adalah melayani pemesanan khusus dari konsumen seperti warna khusus ataupun modifikasi body mobil. Mobil ini juga dapat dikonversikan menjadi berbahan bakar gas jika pemerintah benar menerapkan konversi ini untuk mobil. [SPFM/lia]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya