SOLOPOS.COM - Ilustrasi (wordpress.com)

Ilustrasi (wordpress.com)

JOGJA—Industri asuransi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Pelaku industri perasuransian sampai dengan 2012 jumlah perusahaan asuransi sektor jiwa sebanyak 43 perusahaan, dan perusahaan asuransi sektor kerugian sebanyak 80 perusahaan. Sementara itu pendapatan industri asuransi baik sektor jiwa maupun kerugian sampai dengan kuartal ketiga tahun 2012 mengalami peningkatan sebesar 25,6%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perkembangan tersebut mendorong peningkatan serta kompleksitas tugas dan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI) dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh stake holders-nya.

Seiring dengan tuntutan dan kebutuhan peningkatan kualitas pelayanannya maka AAMAI sebagai lembaga sertifikasi profesional di bidang manajemen asuransi menjalin kerjasama dengan Sekolah Vokasi (SV) UGM di bidang pengembangan SDM.

Bentuk kerjasama tersebut diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman antara Direktu Sekolah Vokasi UGM Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T dan Direktur Utama AAMAI Hendrisman Rahim, di UC UGM, Jumat (7/12/2012).

Dalam sambutannya Hotma menilai penting kerjasama SV UGM dengan AAMAI. Apalagi, tantangan di dunia kerja kian berat dengan masuknya tenaga kerja asing. Kerjasama dengan AAMAI maupun industri lainnya diharapkan akan semakin menambah pengalaman dan informasi lulusan SV UGM sebelum masuk dunia kerja.

“Pada 2013 mendatang tenaga kerja seperti teknisi dari China yang bersertifikat mulai masuk. Ini jadi tantangan buat kita,”tegas Hotma.

Sementara itu Direktur Utama AAMAI, Hendrisman mengatakan kerjasama dengan perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan yang cukup mendesak. Industri asuransi, kata Hendrisman, membutuhkan tenaga-tenaga profesional dari perguruan tinggi.

“Industri asuransi yang kian berkembang ini membutuhkan para tenaga profesional dari perguruan tinggi yang nantinya bersertifikat,”kata Hendrisman.

Ia menambahkan UGM merupakan perguruan tinggi kedua yang bekerjasama dengan AAMAI. Dengan kerjasama yang telah disepakati ini diprediksi 5 tahun ke depan industri asuransi Indonesia akan diisi tenaga-tenaga muda dari perguruan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya