Kian Diminati, Layanan Hospitality di Bandara Adi Soemarmo Ditarget Rp220 Juta

Kian Diminati, Layanan Hospitality di Bandara Adi Soemarmo Ditarget Rp220 Juta

SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Burhan AN/JIBI/Solopos)

Layanan hospitality di Bandara Adi Soemarmo ditarget Rp220 juta.

Solopos.com, SOLO—Layanan hospitality bernama Joumpa yang ditawarkan PT Gapura Angkasa sejak sebulan terakhir mulai mendapat respons positif dari calon penumpang maskapai di Bandara Adi Soemarmo Solo di Boyolali.

Layanan semacam asisten pribadi yang memanjakan penumpang dari awal perjalanan, kemudian tiba di bandara, mendarat dari pesawat, hingga tujuan akhir perjalanan, sedikitnya sudah dimanfaatkan 25 penumpang pesawat di Bandara Adi Soemarmo Solo.

PT Gapura Angkasa Bandara Adi Soemarmo Solo optimistis target pendapatan senilai Rp220 juta dari layanan hospitality tersebut bisa tercapai, tahun ini.

General Manager PT Gapura Angkasa Bandara Adi Soemarmo Solo, Kuswoyo, mengatakan semakin banyaknya rencana pembukaan rute penerbangan baru di Bandara Adi Soemarmo menjadikan peluang untuk layanan istimewa kepada penumpang cukup besar.

Terlebih, Kuswoyo melihat bisnis di industri penerbangan tengah mengalami titik jenuh sehingga layanan VIP tanpa melihat kelas penumpang bakal semakin dibutuhkan.

Joumpa akan memberikan pelayanan istimewa melengkapi yang selama ini diberikan maskapai dan pengelola bandara.

Layanan Joumpa ini awalnya diluncurkan sebagai solusi bagi penumpang yang sering mendapatkan kesulitan saat melakukan perjalanan dengan moda transportasi udara. (baca juga: Bandara Adi Soemarmo Solo Bidik Rute Korea dan Australia)

Namun, Gapura Angkasa yakin, layanan ini bakal diminati penumpang-penumpang segmen tertentu seperti pebisnis yang memang ingin lebih dipermudah dalam perjalanannya.

“Bahkan ada penumpang kelas bisnis yang masih membutuhkan layanan VIP jadi mereka pakai jasa kami manfaatkan layanan Joumpa,” kata Kuswoyo, kepada wartawan.

Layanan asisten pribadi ini bukan hanya menyasar penumpang ritel, tapi juga grup. Tarif untuk layanan ini cukup terjangkau. Misalnya untuk penerbangan internasional mereka punya program fast track, yakni pelayanan saat keberangkatan dan kedatangan, tarifnya Rp150.000 per pax. Untuk grup Rp125.000 per pax. Untuk penerbangan domestik tarifnya Rp125.000 per pax dan untuk grup Rp100.000 per pax.

“Jumlah PIC untuk penumpang grup akan disesuaikan,” ungkapnya.

PT Gapura Angkasa yang memiliki bisnis utama berupa ground handling services di Bandara Adi Soemarmo Solo akan meningkatkan pengguna layanan ini dengan menggandeng hotel-hotel bintang lima, pelaku biro umroh, dan penggiat event organizer (EO).

“Salah satu contoh adalah event konser David Foster 24 Maret 2018 mendatang, kami sudah berkomunikasi dengan penyelenggara, kami siap melayani tamu-tamu dari luar kota yang datang ke Solo lewat Bandara Solo,” katanya.

PT Gapura Angkasa Bandara Adi Soemarmo Solo sudah menyiapkan enam sumber daya manusia (SDM) terlatih untuk melayani penumpang yang memesan pelayanan Joumpa. Mereka juga bekerja sama dengan TransAvia Airline&Cruise Center untuk penyediaan sumber daya manusianya.

TransAvia Airlline&Cruise Center adalah lembaga pendidikan dan ketrampilan yang fokus di bidang hospitality.

Chairwoman TransAvia Airlline&Cruise Center, Sasa Pusporini, memprediksi industri penerbangan di Solo akan berkembang pesat. Tren ini sudah mulai terlihat dengan semakin banyaknya frekuensi pesawat VIP dan charter yang masuk Solo, pembukaan rute Solo-Jedah yang tidak dimiliki Semarang dan Jogja, dan rencana pembukaan rute-rute baru oleh maskapai.

“Artinya kebutuhan SDM di bidang ini akan semakin tinggi. TransAvia hadir di Solo untuk menjawab kebutuhan itu,” kata Sasa.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Alternatif Tujuan Wisata Lebaran Jateng...

Masyarakat Jateng bakal tetap bisa melancong bersama keluarganya selama libur Lebaran 2021, termasuk ke Desa Wisata Sepakung.

Shin Tae-yong Panggil 5 Pemain Gabung Timnas Indonesia U-23

5 Pemain tersebut adalah M Adi Satryo (PSS Sleman), Ilija Spasojevic (Bali United), Rizky Ridho (Persebaya), Ady Setiawan (Persebaya), dan Didik Wahyu W (Tira Persikabo).

Waspada, 18 Juta Orang Nekat Mudik Lebaran!

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan berdasarkan survei masih ada sekitar 7% warga yang akan memaksakan diri mudik Lebaran 2021.

Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memperpanjang PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021 dan dipastikan berdampak ke sektor pariwisata Jateng.

Ratusan Pemudik Masuk Solo Saat Pengetatan, Ada Yang Positif Covid-19

Sekitar 500 pemudik sudah masuk ke Kota Solo selama masa pengetatan mudik sejak 22 April lalu, salah satunya terkonfirmasi positif Covid-19.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Salatiga Tutup Pasar Tiban & Objek Wisata

Pemkot Salatiga menutup fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa Lebaran 2021, termasuk pasar tiban dan objek wisata.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Kamis 6 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Kamis, 6 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Mobil Rombongan Pemudik Hantam Truk di Jalan Tol Madiun

Sebuah minibus pengangkut rombongan pemudik terlibat kecelakaan menabrak truk di jalan tol Madiun Km. 603 A dari arah barat ke timur.

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Politeknik Negeri Madiun Siap Upgrading 6 Prodi D3

Direktur Jenderal Pendidikan  Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wikan Sakarinto, mengatakan kebijakan program studi D3 ditingkatkan menjadi Sarjana Terapan atau D4 ini diharapkan disambut baik seluruh perguruan tinggi vokasi.

Kekinian Banget! Kafe Di Pasar Nguter Sukoharjo Ini Sajikan Jamu Dengan Nama-Nama Unik

Kafe jamu di Pasar Nguter, Sukoharjo, yang diresmikan Puan Maharani pada 2019 menyajikan aneka minuman dengan nama unik.

6-17 Mei, KAI Batasi 20 Perjalanan KRL Jogja-Solo

KAI Commuter membatasi operasional kereta rel listrik atau KRL Jogja-Solo, dan KA Prameks dalam kurun waktu 6-17 Mei 2021.