SOLOPOS.COM - Ribuan orang mengikuti Salat Istisqa di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo, Selasa (5/11/2019). (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO — Ribuan warga bersama aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo mengikuti Salat Istisqa dan doa bersama meminta hujan di Alun-alun Satya Negara Sukoharjo Selasa (5/11/2019).

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa, Kajari Tatang Agus Volleyantono, Ketua DPRD Wawan Pribadi, Wakil Bupati Purwadi dan pejabat lainnya turut serta dalam salat tersebut.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Bertindak sebagai imam dan khatib dalam salat tersebut, Mudir Mahad Ali Baitul Hikmah Sukoharjo Ustaz Asrofi.

Ekspedisi Mudik 2024

Berdasarkan pantauan , salat meminta hujan dimulai pukul 07.30 WIB. Jemaah tampak khidmat dan khusyuk menjalankan ibadah solat tersebut.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi mengatakan salat istisqa dilaksanakan karena melihat cuaca yang tak kunjung hujan sehingga terjadi kekeringan di mana-mana.

Dengan salat istisqa ini, Kemenag mengajak umat muslim memanjatkan doa kepada Allah meminta hujan segera turun. Dalam kesempatan itu, dia juga mengajak seluruh umat manusia untuk menyatukan hati dengan tidak saling mencaci maki, dendam dan menebar fitnah demi persatuan dan kesatuan bangsa.

"Islam mengajarkan kedamaian. Maka itu mari kita sudahi saling caci maki, dendam dan fitnah," katanya.

Khatib Ustadz Asrofi mengatakan masyarakat agar selalu bermuhasabah dan instrospeksi diri karena mungkin saja menjadi penyebab belum turunnya rahmat Allah berupa hujan.

“Harapannya, setelah Salat Istisqa ini hujan segera turun di Sukoharjo dan mengakhiri kemarau panjang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya