SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, SURABAYA — Para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur (Jatim) diminta untuk ikut menggerakkan sektor pariwisata yang berpotensi besar.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat sambutan dalam Buka Puasa Bersama Kadin Jatim, Jumat (24/5/2019), mengatakan dalam upaya peningkatan ekonomi yang merata, perlu diberikan stimulasi dari pengusaha karena memiliki peran besar dari dunia usaha termasuk Kadin di dalamnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kalau ingin menggerakkan usaha, masuklah ke sektor wisata. Jajaran Kadin punya passion untuk menggerakkan wisata apalagi yang eksotik di Jatim banyak sekali, kita punya Gili Iyang yang tidak kalah dengan Raja Ampat,” katanya.

Khofifah mengatakan pengembangan wisata daerah atau wisata alam dibutuhkan stimulus seperti infrastruktur yang memadai. Di Gili Iyang, kata dia, kapal sulit merapat karena dermaganya terlalu dangkal sehingga perlu dilakukan revitalisasi.

“Ada PR lagi, kalau kita ke Kalianget Sumenep juga begitu harus ada hilir kapal ke sana. Kalau tahun lalu kapal pak bupati ada 19 kapal wisata ke Sumenep, kan wisatawan harus dimanjakan dengan sektor jasa kita,” ujarnya.

Mantan Menteri Sosial itu berharap sektor pariwisata yang marketnya luar biasa besar, agar bisa segera digarap oleh pemerintah maupun swasta. Dia mengungkapkan tingkat kunjungan wisata di Batu dalam setahun tercatat 37,2 juta kunjungan, dan Banyuwangi kunjungannya mencapai 35,6 juta wisatawan.

“Adanya tol ke Singosari Malang yang sudah diresmikan Pak Presiden Jokowi ini diharapkan ada penyegaran posisi bandara Abdul Rahman Saleh agar memudahkan wisatawan asing yang dari Singapura dan Kuala Lumpur supaya bisa langsung landing,” ujarnya.

Menurut Khofifah, penyegaran bandara di Malang itu diyakini dapat mengakomodasi wisatawan asing maupun domestik yang akan ke Batu, Malang dan Jember.

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya