SOLOPOS.COM - Ketua RT 002 Harjanu Aryanto memberikan potongan tumpeng kepada Ketua RW 009 Sulhanudin dalam Malam Tirakatan RT 002 RW 009 Perumahan Koldran Indah Colomadu Karanganyar, Selasa (16/8/2022) malam. (Solopos.com/Haryono Wahyudiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR—Pelaksanaan Malam Tirakatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di RT 002/RW 009 Perumahan Klodran Indah Colomadu Karanganyar berlangsung khidmat, Selasa (16/8) malam. Malam Tirakatan kembali digelar secara offline setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi Covid-19.

Pelaksanaan Malam Tirakatan kali ini yang digelar di Jl Merbabu tidak dimeriahkan dengan acara hiburan seperti biasanya. Hal ini sebagai bentuk antisipasi terhadap persebaran Covid-19 yang masih terjadi di beberapa daerah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara Malam Tirakatan diisi dengan renungan untuk mengenang jasa para pahlawan sekaligus memberikan dorongan kepada masyarakat khususnya pemuda untuk mengisi kemerdekaan.

Baca Juga: Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

Semangat nasionalisme tampak dalam acara Malam Tirakatan seperti pembacaan naskah Proklamasi 1945, pembacaan Pancasila, serta menyanyikan bersama Indonesia Raya dan beberapa lagu nasional.

Malam Tirakatan juga dimanfaatkan untuk sosialisasi kuesioner rumah tangga dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, pemerian hadiah kepada masyarakat, khususnya mereka yang memenangkan aneka lomba yang digelar pada Minggu (14/8). Beberapa lomba digelar RT 002 pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI, yaitu membuat video pendek kemerdekaan, lomba voli sarung air, lomba estafet karet gelang memakai sedotan, lomba cantol topi, dan lomba estafet sarung.

Lomba diikuti oleh anak-anak hingga orang tua. Warga yang tidak mengikuti lomba karena berhalangan juga tetap mendapatkan hadiah.

Baca Juga: Keren, Pemudi Karanganyar Ini Juarai Duta Lingkungan Tingkat Nasional

“Puji syukur kepada Tuhan pada malam hari ini kita bisa kembali menggelar Malam Tirakatan secara offline untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Semoga acara ini semakin mempererat kerukunan antarwarga,” ujar Ketua RT 002, Harjanu Aryanto, saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan tersebut, Harjanu membacakan sambutan tertulis dari Bupati Karanganyar Juliyatmono. Bupati mengingat kembali perjuangan Raden Mas Said atau Mangkunagoro I yang dikenal dengan Pangeran Sambernyawa yang memiliki tiga prinsip perjuangan yaitu mulat sarira hangrasawani, rumangsa melu handarbeni, dan melu hangrungkebi.

Hadir dalam Malam Tirakatan tersebut Ketua RW 009 Sulhanudin yang memberikan apresiasi kepada warga RT 002 yang selalu guyub dan kreatif dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Ini Teks Doa Malam Tirakatan untuk Warga Kota Solo

Tahun lalu RT 002 menggelar Malam Tirakatan secara virtual melalui Zoom Meeting. Meski dilakukan secara virtual, acara Malam Tirakatan RT 002 RW 009 berlangsung meriah. Beberapa acara seperti aneka lomba, pembagian doorprize, kesenian, hingga pemutaran film perjuangan tetap digelar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya