SOLOPOS.COM - Bupati Wonosobo Eko Purnomo bersama jajarannya meninjau saluran air Si Geblok di Dusun Lempong, Desa Kalierang, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019). (Antara-Humas Pemkab Wonosobo)

Solopos.com, WONOSOBO — Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengajak warganya untuk menjaga kebersihan saluran air menjelang musim penghujan sehingga air mengalir dengan lancar tanpa ada sumbatan sampah yang dapat mengakibatkan banjir. Ia pun rela bersepeda motor meninjau langsung kondisi saluran air di Wonosobo.

"Mari bersama-sama meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan, hilangkan kebiasaan buang sampah sembarangan, apalagi ke sungai atau saluran air, karena sampah yang menumpuk dapat mengakibatkan banjir jika musim hujan tiba," kata Bupati Eko Purnomo di Wonosobo, Jawa Tengah, Jumat (8/11/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ia menyampaikan hal tersebut dalam kegiatan Tilik Desa dengan mengendarai sepeda motor. "Kegiatan ini harus kita lakukan untuk melihat langsung bagaimana kondisi warga di wilayah, bukan hanya dilihat di foto saja namun kami harus bertemu mereka dalam kebersamaan," katanya.

Tilik desa kali ini, bupati dan rombongan mengambil rute wilayah Kecamatan Selomerto, tepatnya di Desa Kalierang untuk memantau saluran air Si Geblok di dusun Lempong. Sambil menyusur saluran air, di tengah-tengah warga Eko menyapa dan menyampaikan ajakan kepada masyarakat agar terus menggiatkan gotong-royong demi menjalin dan menjaga kebersamaan antarwarga.

Terkait saluran air Si Geblok, Bupati Eko meminta kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar dengan menjaga dan merawat saluran air ini tetap bersih dan sehat serta bebas dari sampah.

Setelah dari Desa Kalierang, kepala daerah kemudian dilanjutkan Tilik Desa tersebut ke Dusun Ngabean Desa Sumberwulan. Seperti yang dilakukan sebelumnya, bupati beramah tamah dengan warga setempat, makan bersama warga dengan santapan menu khas desa tersebut.

Selanjutnya Bupati Wonosobo melakukan peletakan batu pertama pembangunan BUMDes di Desa Sinduagung, Kecamatan Selomerto. Setelah salat Jumat di Masjid Al Mustaqin Sinduagung, bupati menyerahkan bantuan yang terima oleh takmir masjid setempat.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya