SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Magelang [SPFM], Candi Lumbung di Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, dipindah karena dikhawatirkan terkena terjangan banjir lahar dingin Gunung Merapi tepatnya di alur Sungai Pabelan. Pernyataan itu disampaikan oleh Koordinator Lapangan Pemindahan Candi dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Wagiyo disela-sela pemindahan Candi Lumbung.

Bangunan candi berada di persawahan tepi Sungai Pabelan dan tidak ada akses jalan masuk ke lokasi membuat petugas sempat kesulitan. Namun, petugas mensiasati dengan cara manual yaitu membuat papan luncur batu dari kayu. Kemudian menuju truk yang berada di bawah tebing di Sungai Pabelan. Batu candi dengan menggunakan truk diangkut ke tempat pemindahan yang masih satu wilayah di Dusun Tlatar. Untuk memudahkan rekonstruksi bangunan candi yang terdiri atas 27 lapis dalam pembongkaran setiap batu diberikan nomor registrasi. Hal ini untuk menghindari keculitan saat menyusun kembali candi ditempat pemindahan yang bersifat sementara. [dtc/dtp]

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya