SOLOPOS.COM - Buah mengkudu (Purplebrown.com)

Buah mengkudu (Purplebrown.com)

Siapa yang tidak kenal buah pace atau sering disebut dengan mengkudu? Buah ini umumnya dihindari banyak orang karena memiliki bau yang kurang sedap. Namun di balik itu, mengkudu ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Marketing Tazakka Herbal, Agus Prasetiyo menjelaskan,  mengkudu yang termasuk keluarga kopi-kopian (Rubiceae) ini, memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya ialah mengobati radang tenggorokan dan tekanan darah tinggi.

“Tak hanya itu, sebagian orang zaman dulu telah menggunakan mengkudu untuk penyembuhan berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit tulang,  pencernaan, dan kram menstruasi. Buah hijau ini juga diyakini sebagai pembersih darah dari bakteri yang berbahaya,” ujarnya saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (9/2).

Agus menuturkan, mengkudu mengandung zat terpenoid, yaitu hidrokarbon isometrik yang terdapat pada lemak atau minyak esensial yang berperan dalam proses sintetik organik tubuh manusia. Mengkudu juga kaya senyawa aktif seperti xeronine dan proxeronine.

Di dalam akarnya terkandung antrakuinon yang berfungsi sebagai antiseptik, antibakteri dan antikanker, sedangkan senyawa morindin dan morindon berperan sebagai antibakteri. Kandungan kimia terpentingnya adalah alkaloid yang berfungsi meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein.

Terdapat pula polisacharida sebagai antikanker dan antibakteri. Scopoletin berfungsi memperlebar pembuluh darah sehingga menurunkan tekanan darah tinggi, antiradang, antialergi, dan antidiabetes. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Terdapat juga selenium,yakni  salah satu mineral yang merupakan antioksidan hebat.

Menurutnya, cara mengonsumsi buah ini memang gampang-gampang susah. Jika buah ini tidak diolah dengan benar, manfaatnya akan hilang. Khasiat mengkudu terutama berada di kulitnya. Namun, di kulit tersebut juga terdapat jamur-jamur yang berbahaya bagi tubuh sehingga proses pembuatannya harus steril.

“Saat ini telah tersedia mengkudu dalam bentuk instan, salah satunya teh herbal Tazakka. Produk ini diolah secara higienis dari buah mengkudu pilihan dan kemasannya menjaga kesegaran serta kenikmatan rasanya,” pungkasnya.(JIBI/HARIAN JOGJA/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya