SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Bawang merah menjadi salah satu bumbu yang membuat masakan terasa lebih gurih dan lezat. Bawang merah telah dibudidayakan selama ribuan tahun. Selain dipakai sebagai bumbu dan bahan tambahan makanan, bawang merah memiliki sederet fungsi lain yang tak kalah menakjubkan.

Bawang merah mengandung karbohidrat, serat, gula, air, protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, dan sodium. Berbagai bahan aktif yang terkandung pada bawang merah membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, hingga menurunkan risiko diabetes. Dikutip dari Boldsky, Senin (26/8/2019), berikut sederet khasiat bawang merah untuk kesehatan:

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Meningkatkan sirkulasi darah

Kandungan zat besi serta potasium di dalam bawang merah membantu meningkatkan sirkulasi darah. Zat tersebut membantu meningkatkan peredaran oksigen di dalam tubuh serta meningkatkan energi.

Mengontrol kolesterol

Bawang merah mengandung zat alisin yang mampu mengontrol kadar kolsterol di dalam tubuh. Alisin merupakan salah satu enzim di dalam tubuh yang menekan kolesterol dalam darah.

Mengurangi risiko hipertensi

Potasium dan alisin pada bawang merah adalah zat penting yang mampu mencegah hipertensi. Potasium memperlancar peredaran darah yang menyehatkan jantung. Sementara alisin mengurangi kadar kolesterol yang menjadi penyebab penyakit jantung.

Mengatur gula darah

Kandungan alium dan dialil disulfida merupakan dua komponen bawang merah yang berfungsi mengatur gula darah. Kedua zat inilah yang membuat bawang merah ampuh mencegah diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya