SOLOPOS.COM - Suasana pendapa di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (13/8/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO – KGPAA Mangkunagoro IX wafat pada usia 70 tahun, Jumat (13/8/2021). Pihak Pura Mangkunegaran menyebut beliau meninggal karena sakit.

Hal itu disampaikan Plt Pengageng Kabupaten Mondropuro Pura Mangkunegaran Solo Supriyanto Waluyo . Dia menyebut Mangkunagoro IX memiliki riwayat penyakit jantung. Namun, dia tidak mengatakan bahwa penyakit itu yang menjadi penyebab meninggalnya Penguasa Mangkunegaran.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Beliau (Mangkunegara IX) meninggal gerah sepuh (sakit karena usia tua). Usianya 70 tahun. Punya riwayat sakit jantung,” ungkap Supriyanto saat dijumpai wartawan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021), seperti dilansir Detik.com.

Baca juga: Kisah Percintaan Mangkunagoro IX, Menikah dengan Putri Bung Karno hingga Anak Dubes

Supriyanto mengatakan jenazah Mangkunagoro IX saat ini masih dalam perjalanan dari Jakarta ke Solo. Rencananya jenazah akan dimakamkan di Astana Girilayu, Matesih, Karanganyar.

Prosesi pemakaman digelar dengan adat Jawa. Supriyanto Waluyo menjelaskan upacara adat Jawa berlangsung di depan pendapa dengan brobosan yang dilakukan oleh keluarga. Jenazah dimakamkan di sebelah timur makam Mangkunegoro VIII.

Baca juga: Cerita Seru Huda Jabrik, Bakul Bakso Wonogiri Gowes dari Tangerang ke Kampung Halaman

Sementara itu diberitakan Solopos.com, Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menjelaskan masyarakat yang hendak melayat tidak perlu datang ke Pura Mangkunegaran. Petugas hanya mengizinkan keluarga dan kerabat dekat yang boleh masuk  ke Pura Mangkunegaran dengan akses satu pintu.

“Warga yang hendak melayat tidak perlu datang cukup memanjatkan doa,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya