SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (id.wikipedia.org)

Ilustrasi (id.wikipedia.org)

Kanalsemarang.com, MAGELANG – Muhammadiyah mendorong masyarakat, terutama generasi muda, untuk menekuni dunia kewirausahaan dengan terus belajar dan memanfaatkan setiap peluang pasar baik tingkat lokal, nasional, maupun global.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Persaingan dalam berwirausaha sesuatu yang wajar dan justru harus dijadikan motivasi untuk memberikan sesuatu yang terbaik dalam setiap bidang usaha yang dilakukan masyarakat, termasuk generasi muda,” kata Wakil Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Maaruf seperti dikutip Antara, Senin (29/9/2014).

Ia mengatakan hal itu pada pelatihan dan loka karya kewirausahaan yang diselenggarakan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Magelang di Aula Rektorat Kampus II Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) di Jalan Mayjend Bambang Soegeng, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Beberapa persoalan yang sering mengakibatkan usaha dan bisnis mengalami kegagalan, katanya, antara lain pelaku kurang ulet atau mudah putus asa, kurang inisiatif dan kreatif, tidak jujur, dan tidak tepat janji.

Selain itu, katanya, pelayanan kepada konsumen kurang memuaskan dan kurang menangkap secara baik tentang selera konsumen.

“Masyarakat, khususnya kalangan generasi muda, perlu terus menerus belajar tentang kewirausahaan, melakukan pengamatan secara cermat tentang peluang pasar,” katanya.

Ia mengemukakan pentingnya pelaku usaha yang menghadapi kegagalan, melakukan evaluasi untuk kepentingan perbaikan usaha pada masa mendatang.

“Setiap kegagalan yang terjadi harus segera dilakukan evaluasi dan segera dilakukan perbaikan dan perubahan ke arah yang lebih baik. Jangan takut mencoba, tiada kesuksesan tanpa tindakan nyata,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya