Tutup Iklan
Ilustrasi orang yang menjalankan puasa (Youtube)

Solopos.com, SOLO – Puasa enam hari di bulan Syawal merupakan sunah yang banyak dilakukan umat Islam. Nabi Muhammad SAW menjelaskan dalam hadisnya bahwa puasa Syawal memiliki keutamaan yang luar biasa.

Salah satu keutamaan puasa enam hari di bulan Syawal adalah setara dengan puasa setahun penuh. Pahala https://solopos.com/topic/1802/Tentang-Islam">puasa Syawal yang sangat besar itu diterangkan dalam dalil yang sahih.

Hal itu dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad yang artinya, “barang siapa yang telah melaksanakan puasa Ramadan, kemudian dia melanjutkan dengan berpuasa selama enam hari di bulan Syawal, maka dia mendapatkan pahala sebagaimana orang yang berpuasa selama setahun.”

Syekh Abdullah bin Abdul Al Bassam dalam penjelasan yang dilansir situs Nu.or.id, Selasa (11/6/2019), menyebut hadis anjuran puasa enam hari di bulan Syawal tergolong mutawatir yang diriwayatkan sejumlah imam, yaitu; Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi.

Hukum berpuasa enam hari di bulan Syawal adalah sunah. Waktu pelaksanaannya bebas, bisa dimulai pada 2 Syawal. Namun, akan lebih baik membayar utang https://solopos.com/topic/1802/Tentang-Islam">puasa Ramadan terlebih dahulu sebelum menunaikan puasa Syawal.

Praktik puasa enam hari di bulan Syawal sama dengan berpuasa https://solopos.com/topic/1802/Tentang-Islam">Ramadan. Perbedaannya, puasa enam hari di bulan Syawal boleh dilakukan secara berturut-turut atau berselang, dengan catatan masih dalam bulan Syawal.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten