SOLOPOS.COM - Salah satu agen BRILink di Jaten, Karanganyar, yang dikelola Ika Etika Nurhandayani, 34. (Solopos.com/Ika Yuniati)

Solopos.com, SOLO –Agen BRILink Toko Tika di Jaten, Karanganyar, Ika Etika Nurhandayani, 34, mengatakan pendaftaran agen BRILink cukup mudah.

Seingatnya ia hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga bulan sampai akhirnya bisa jadi agen BRILink.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sebagai agen BRILink, ia melayani sejumlah aktivitas perbankan seperti transfer, tarik tunai, setoran bulanan nasabah, hingga jadi mediator pinjaman para nasabah BRI.

Kali pertama buka layanan BRILink, hanya ada satu hingga dua transaksi per hari.

“Awalnya dulu ya orang yang bayar setoran bulanan di BRI. Hanya sedikit yang tahu, makanya baru satu dua orang,” kata perempuan yang akrab disapa Tika itu, Sabtu (20/4/2024).

Selang beberapa tahun, BRILink yang dia kelola mulai ramai digunakan oleh warga sekitar. Mayoritas penggunanya yakni karyawan pabrik di dekat toko Tika yang kebetulan payroll atau gaji bulanannya menggunakan ATM BRI.

Mereka biasanya memanfaatkan jasa tarik tunai di toko Tika jika mesin ATM BRI terdekat rusak atau mengantre panjang.

Ada juga yang hanya punya aplikasi BRIMo tanpa punya ATM sehingga memilih ambil uang di BRILink.

“Ada juga yang ambil uang lewat Dana, BRIMo dan lainnya. Ada yang ambilnya Rp100.000, Rp200.000, kadang ada yang sampai habiskan saldo,” kata Tika.

Saking sering dijadikan tempat mengambil uang, Tika, sampai hafal tanggal gajian para karyawan pabrik tekstil yang mayoritas anak muda itu. Mereka mulai gajian setiap tanggal 10, sehingga pada tanggal itu transaksi pasti ramai.

Sementara, pabrik sepatu di dekatnya gajian setiap tanggal muda atau tanggal 1.

Tika mengatakan, langganan BRILink miliknya saat ini cukup beragam. Mulai dari warga sekitar yang mengambil uang tunai, para warga yang membayar listrik dan tagihan kredit di awal bulan, lalu para karyawan pabrik setiap tanggal 10.

Dalam sehari, minimal dia bisa melayani hingga 50 kali transaksi BRILink. Sementara itu saat ramai bisa melayani hingga 100 kali.

Uang jasa yang ia terima sebagai agen BRILink terbilang lumayan. Menurutnya, bahkan mampu menaikkan pendapatan bulanan tiga hingga empat kali lipat.

Tak hanya jasa tarik tunai atau membayar tagihan kredit bulanan, layaknya kantor BRI, Tika juga melayani mereka yang akan buka buku tabungan, juga yang mau berutang.

“Sampai pas meeting dengan pejabat-pejabat BRI dibilang, para mantri BRI enggak bisa jalan kalau enggak ada agen BRILink seperti kami,” kelakarnya.

Mereka yang berutang ada yang memanfaatkan program Ultra Mikro (UMi), produk pinjaman Kredit Cepat (KeCe), maupun KUR BRI. “Kalau KUR BRI, biasanya saya hubungkan ke bagian mantri terdekat,” kata Tika.

Selain itu, masih banyak manfaat lain yang Tika dapatkan sebagai agen BRILink. Di antaranya sejumlah pelatihan pengembangan usaha, hingga managemen usaha.

Tika juga lumayan sering dilibatkan BRI di dejumlah program mereka.

“Ya jadi nambah ilmu, tambah kenalan juga. Dampaknya, karena kenal banyak relasi, saya jadi sering dilibatkan instansi lain untuk penyuluhan. Misal diajak kerja sama dengan PDAM dan lainnya,” tambah Tika.

Hal sama juga disampaikan salah satu pengusaha di KampungShuttlecock, Makam Bergolo, Serengan, Kecamatan Serengan, Solo, Tika.

Ia memutuskan menjadi agenBRILink sejak 2022 silam. Prosesnya juga cukup mudah tanpa memakan waktu yang lama.

Perluasan layanan BRI agar dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara realtime tersebut cukup menguntungkan baginya maupun pengusaha lain di kampungnya.

Saat diwawancara beberapa waktu silam ia mengatakan mendapatkan tambahan pengasilan yang lumayan dengan menjadi agen BRILink.

Pendapatan tersebut dia dapat dari jasa transfer maupun pembayaran tagihan listrik, BPJS, dan lainnya.

Transaksi paling banyak yakni pembayaran tagihan pinjaman para pengusaha shuttlecock di dekat rumahnya. Mereka rata-rata memanfaatkan pinjaman KUR BRI.

Sementara, BRILink yang dikelola Tika biasanya dimanfaatkan para debitur KUR ini untuk membayar tagihan bulanan. “Jadi mereka yang pinjam KUR sekarang lebih enak bayarnya enggak perlu jauh-jauh ke kantor BRI. Warga jadi dimudahkan,” kata dia saat diwawancara beberapa waktu lalu.

“Buat saya ya ini menguntungkan saya sebagai agen maupun nasabah ya,” tambah Tika.

Cara Daftar Agen BRILink

Dalam wawancara singkat melalui WhatsApp yang dikirim kepada wartawan, Rabu (20/3/2024), Regional CEO BRI Yogyakarta, John Sarjono, mengatakan agen BRILink sudah ada sejak 2014.

Awalnya BRILink dibuat untuk mengakomodiasi layanan laku pandai yang berfungsi untuk melayani inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Namun kemudian berkembang menjadi bisnis yang menghasilkan fee based income (FBI) bagi Bank BRI dan meningkatkan kesejahteraan agen-agen BRILink di seluruh Indonesia.

John menambahkan proses untuk menjadi Agen BRILink sangat mudah. Masyarakat umum yang memiliki usaha perorangan dapat mendaftar menjadi Agen langsung di Aplikasi BRILink Mobile.

Syarat jadi agen BRILink:

1. Belum menjadi agen dari Bank penyelenggara Laku Pandai



2. Memiliki surat keterangan legalitas usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa) atau SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan

3. Memiliki sumber penghasilan dari kegiatan usaha dan atau kegiatan tetap lainnya min. 2 tahun

4. Memiliki rekening simpanan berkartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3.000.000,- dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen, atau

5. Memiliki rekening pinjaman di Bank BRI (tanpa harus menyetor uang jaminan) dengan kolektibilitas Lancar selama 6 bulan terakhir

6. Pengajuan agen dapat berbentuk perseorangan atau Instansi berbadan hukum

7. Calon Agen wajib memiliki rekening Tabungan BRI dan sudah terdaftar BRIMo

Tahapan:

  1. Tahap pertama download aplikasi BRILink Mobile di HP Android si calon Agen
  2. Tahap kedua buka aplikasi dan klik daftar di halaman muka aplikasi dilanjutkan mengisi data-data di form pendaftaran aplikasi brilink mobile
  3.  Tahap ketiga yakni petugas BRI (PPBK) akan menindaklanjuti pendaftaran tersebut dengan menghubungi calon Agen via telepon/chat.
  4.  Syarat-syarat dokumen yang diperlukan untuk menjadi Agen BRILink yaitu KTP, Surat Keterangan Usaha dari RT/RW setempat







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya