SOLOPOS.COM - Wisata Kampung Galau Wonogiri. (Istimewa/travelingyuk.com)

Solopos.com, WONOGIRI — Kampung Galau Wonogiri dinilai memiliki sejumlah keunikan. Tak jarang, keunikan tersebut menarik perhatian pengunjung dari berbagai daerah.

Sebagaimana data yang dihimpun Solopos.com, pembangunan Kampung Galau yang berlokasi di kawasan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri itu menelan anggaran senilai Rp1,9 miliar. Berbekal anggaran tersebut, Kampung Galau Wonogiri memiliki beberapa keunikan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keberadaan Kampung Galau Wonogiri sempat disorot warga sekaligus pegiat seni di Wonogiri, Hardian, 30. Penamaan Kampung Galau Wonogiri dianggap berkonotasi kurang baik, yakni perkampungan tempat orang-orang galau.

Pemberian nama dianggap sebagai sebuah harapan dan doa. Sehingga lebih baik memberi nama yang bagus.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) pernah menyampaikan nama kawasan baru di lokasi objek wisata Waduk Gajah Mungkur itu bukan Kampung Galau melainkan Kampung Tombo Galau.

Baca Juga: Wow! Waduk Pidekso Wonogiri yang Diresmikan Jokowi Ini Tahan Gempa hingga 8 SR

Keunikan Kampung Galau Wonogiri diharapkan bisa mengobati kegundahan, kerisauan, atau kegaluan pengunjung. Obat kegalauan itu seperti keindahan alam dan fasilitas lainnya.

Dilansir dari laman travelingyuk.com, Sabtu (5/11/2022), Wisata Kampung Galau Wonogiri berlokasi di Kompleks Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur, Godean, Sendang, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Fasilitas yang ada di wisata Kampung Galau Wonogiri juga sudah memadai seperti musala, gazebo, kios, toilet dan air mancur.

Lantaran lokasinya yang berdekatan dengan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, pengunjung bisa melihat hewan satwa yang ada di kebun binatang mini, seperti Rusa dan Gajah. Hal itu menjadi salah satu keunikan tersendiri bagi pengunjung di Kampung Galau Wonogiri. Pengunjung juga bisa melihat air mancur yang di kelilingi pepohonan rindang serta hiasan tiang yang berwarna-warni.

Baca Juga: Mengenal Belasan Pantai Cantik di Wonogiri Bagian Selatan

Tak hanya tiang berwarna-warni, Wisata Kampung Galau Wonogiri juga memiliki spot foto menarik, yakni rumah-rumahan yang dicat dengan berbagai warna dan mempunyai bentuk seperti bangunan ala Denmark.

Di lokasi Kampung Galau Wonogiri, terdapat pula menara pandang yang mirip dengan di Kalibaru, Yogyakarta. Menara pandang cocok digunakan berfoto karena memiliki latar belakang Waduk Gajah Mungkur.

Menara pandang berada di ketinggian sehingga cocok sebagai tempat galau atau menikmati indahnya pemandangan dari atas. Keberadaan menara pandang juga menjadi salah satu keunikan yang ada di Kampung Galau Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya