SOLOPOS.COM - Tank Abrams (Indomiliter.com)

Solopos.com, JAKARTA-Berikut ini keunggulan tank M1 Abrams, tank yang akan dikirimkan Amerika Serikat (AS) ke Ukraina untuk melawan Rusia.

AS menyetujui pengiriman gelombang pertama tank tempur M1 Abrams ke Ukraina, kata Kepala Akuisisi Angkatan Darat AS, Doug Bush saat mengumumkan, Senin (7/8/2023).

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Tank Abrams diharapkan tiba di Ukraina pada awal musim gugur. Menurut informasi tersebut, tidak hanya tank yang akan dikirimkan, tetapi paket peralatan lengkap yang diperlukan untuk mendukung dan merawatnya. “Amunisi, suku cadang, peralatan bahan bakar, fasilitas perbaikan. Jadi Anda tahu, bukan hanya tank, tapi paket lengkap yang menyertainya. Itu masih on track,” tambahnya.

Washington mengumumkan keputusan untuk melengkapi Ukraina dengan 31 tank Abrams pada akhir Januari. Tank Abrams diharapkan tiba pada bulan September, dengan beberapa kendaraan dikirim ke Jerman pada bulan Agustus, untuk menjalani perbaikan dan modernisasi akhir. Diketahui Tank tempur M1 Abrams dikenal dengan senjatanya yang stabil dan kemampuannya untuk menembak secara akurat saat bergerak.

Selain stabilitas dan akurasinya, M1 Abrams juga dikenal dengan perlindungan awaknya yang unggul (termasuk bahan kimia/biologis/nuklir), penyimpanan amunisi yang aman untuk mencegah ledakan, kecepatan, dan kemampuan manuver di tanah yang kasar, serta ventilasi yang efisien.

 

Keunggulan Singkat Tank Abrams

Tank M1 Abrams dikembangkan pada tahun 1970-an sebagai pengganti tank M60 Angkatan Darat yang saat usianya sudah dianggap tua untuk ukuran tank modern.

Tank Abrams kali pertama digunakan pada tahun 1980, tetapi alutsista ini tak pernah terlihat di medan pertempuran sampai Perang Teluk pada awal 1990-an.

Lebih dari 2.000 tank Abrams dikerahkan dengan unit tempur selama perang, dan hanya 23 yang rusak atau hancur. Dari sembilan yang hancur, tidak ada yang hilang akibat aksi musuh. Pantas jika Ukraina begitu ngebet dengan alutsista yang satu ini.

M1A2 modern berbobot lebih dari 70 ton, ditenagai oleh mesin turbin gas AGT1500 yang menghasilkan 1.500 tenaga kuda untuk kecepatan hingga 42 mph. Abrams juga dipersenjatai dengan meriam utama 120mm, senapan mesin kaliber M2 .50, dan sepasang M240 7.62.

Satu tank Abrams bisa menampung 4 orang yang terdiri dari empat tentara, khususnya penembak, pemuat, pengemudi, dan komandan. Abrams dapat memberikan mobilitas, daya tembak, dan, mungkin yang paling penting, efek kejut yang diperlukan untuk mengeksploitasi titik lemah di garis musuh dan mengejar terobosan ofensif.

Tank ini  perawatannya lebih mudah dengan Mesin turbin M1 lebih andal, membutuhkan suku cadang lebih sedikit, ringan, dan memungkinkan berbagai bahan bakar. Tank memiliki profil rendah dengan turret yang sangat dangkal, menjadikannya target yang lebih kecil. Jejaknya terbuat dari karet, dan menaranya dapat diputar 360° dalam 9 detik. Tank ini dapat memanjat rintangan setinggi 4 kaki dan melintasi selokan selebar 9 kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya