SOLOPOS.COM - Ketumbar bisa bantu sehatkan pencernaan (toddsbbi.com)

Ketumbar (toddsbbi.com)

Satu aktivitas sepele tapi kadang mengganggu jika tidak bisa dilakukan manusia adalah buang angin alias kentut. Ya, tidak bisa buang angin bisa sangat menyiksa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Nah, ada bahan-bahan rempah yang ternyata bisa membantu melancarkan proses buang angin, yakni ketumbar. Rempah bernama lain Cilantro ini termasuk salah satu sumber terkaya vitamin K dan minyak atsiri yang berkarakter hangat.

Sifat hangat minyak ketumbar sangat baik untuk membantu mengobati mulas dan susah buang angin. Khasiat kandungannya sudah dimanfaatkan dalam pengobatan-pengobatan tradisional.

“Ketumbar mengandung zat yang bersifat pengurang rasa sakit, baik untuk pencernaan, antibakteri dan menghangatkan perut,” jelas pemilik kios herbal di Jalan Magelang, Jogja, Dwi Kurniati, saat ditemui Selasa (18/12/2012).

Kandungan vitamin K yang dimiliki ketumbar berpotensi dalam membangun massa tulang. Mengonsumsi vitamin K secara seimbang akan memberi dukungan pada kesehatan tulang dalam tubuh.

Pada bijinya, ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami.

“Selain buah ketumbarnya, daun dan batang juga banyak digunakan untuk konsumsi kesehatan alami,” lanjut Dwi.

Daun ketumbar tercatat menyimpan vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Ketiganya berguna untuk mendukung kesehatan rongga mulut. Dalam buku Top 100 Tanaman Obat Tradisional, Tri Widayat menuliskan, ketumbar biasanya digunakan sebagai pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).

Pemanfaatan ketumbar diambil dari daun, biji dan buahnya. Disebutkan pula, ketumbar mengandung lemak dan abu. Sedangkan dalam catatan ensiklopedi Wikipedia disebutkan, khasiat ketumbar tidak sebatas pelancar proses pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

Warga Tegalrejo, Sudarmi, mengatakan penggunaan ketumbar untuk obat alami bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya ditumbuk halus dan direbus. “Bisa untuk obat luar maupun obat dalam dengan dimakan atau minum,” kata penderita gangguan pencernaan ini, Senin (17/12/2012).

Untuk obat luar, biasanya ketumbar dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur air dan bahan lain. Ramuan kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Cara ini dilakukan untuk perut kembung dan sakit kepala.

Sedangkan untuk pengobatan dalam biasanya ketumbar direbus kemudian ditambah dengan beberapa bahan lain, air rebusannya disaring lalu diminum secara rutin. Cara ini digunakan untuk pengobatan tekanan darah tinggi, influenza, batuk, memperbanyak ASI, muntah-muntah, radang lambung, keracunan jamur, dan haid.

Adapun, untuk daun dan batang memiliki khasiat antioksidan. Daun ketumbar juga menjadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya