Ketum PSSI Pengin Stadion Manahan Solo Jadi Venue Piala Dunia 2021
Pemain Persis Solo melakukan latihan di Stadion Manahan, Solo, Jumat (14/2/2020). (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap wajah baru Stadion Manahan Solo membawa gairah baru di dunia sepak bola Indonesia. Hal tersebut disampaikan dalam peresmian Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) malam.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap wajah baru Stadion Manahan Solo mengangkat prestasi Persis Solo di Liga 2 serta tim nasional (timnas) Indonesia. Dia juga mengucapkan selamat kepada warga Kota Solo yang memiliki stadion megah.

Iwan Bule ingin Stadion Manahan Solo menjadi tempat digelarnya ajang Piala Dunia 2021. Saat ini, Stadion Manahan Solo sedang digadang-gadang menjadi salah satu tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

“Selamat untuk Warga Solo atas stadion yang sangat megah dan menakjubkan ini. Apalagi, Stadion Manahan termasuk salah satu stadion yang dinominasikan menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Sebuah event besar yang akan mengangkat derajat bangsa kita, karena inilah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia,” katanya dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (16/2/2020).

Peresmian renovasi Stadion Manahan Solo menjadi acara puncak HUT ke-20 suporter Persis Solo, Pasoepati, serta peringatan Hari Jadi ke-275 Kota Solo. Acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden Jokowi berharap Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan otoritas sepak bola tertinggi di dunia (FIFA) sebagai salah satu stadion tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021.

“Kita berharap tentunya di 2021 Stadion Manahan Solo bisa ditetapkan sebagai stadion untuk Piala Dunia U-20 oleh PSSI maupun FIFA, sehingga kita nanti bisa bersama-sama melihat laga internasional di stadion yang sangat megah ini,” kata Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo, menyatakan, pengelolaan Stadion Manahan sementara diserahkan kepada Pemkot Solo. Dia mengajak seluruh suporter dan masyarakat Solo untuk menjaga dan merawat Stadion Manahan sebaik-baiknya.

“Tepat pukul 19.00 WIB tadi telah diserahkan pengelolaan sementara Stadion Manahan dengan pagu anggaran Rp 301 miliar kepada Pemerintah Kota Surakarta,” kata dia.

Setelah meresmikan Stadion Manahan Solo, Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, para menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketum PSSI Mochammad Iriawan, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo turut menyaksikan pertandingan persahabatan antara Persis Solo melawan Persib Bandung.

Pertandingan berakhir dengan skor 0-2 untuk kemenangan tim Persib Bandung. Dua gol Persib Bandung dicetak Beckham Putera pada menit ke-10 dan Zulham Zamrun di menit ke-16 melalui titik penalti.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom