SOLOPOS.COM - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berbincang dengan Ketum Partai Ummat Ridho Rahmadi di Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Jumat (20/5/2022). (ANTARA/HO/PP Muhammadiyah)

Solopos.com, JOGJA — Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mendoakan Partai Ummat bentukan Amien Rais setelah keluar dari PAN bisa lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

Harapan itu disampaikan Haedar Nashir seusai menerima silaturahim sejumlah pengurus Partai Ummat di Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, Yogyakarta, Jumat (20/5/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Tentu sebagaimana Muhammadiyah terbuka untuk semua partai yang telah bersilaturahmi, harapan kami bahwa Partai Ummat dapat menjadi peserta Pemilu,” katanya seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Selain menjadi peserta pemilu, ia berharap partai yang dideklarasikan pada April 2021 itu menjadi partai yang dapat melakukan pendidikan politik bagi masyarakat serta ikut membangun negara sesuai yang dicita-citakan oleh para pendiri republik ini.

Baca Juga: Gugatan Partai Ummat Ditolak MK karena Belum Pernah Ikut Pemilu

Haedar juga berpesan agar dalam berpolitik, parpol yang didirikan oleh politikus senior nasional Amien Rais itu mengedepankan basis sila keempat Pancasila untuk membangun semangat musyawarah dan kemakmuran, yakni sila yang berbunyi “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”.

“Semoga Partai Ummat mampu berfastabiqul khairat (berlomba dalam kebaikan), berlomba secara sehat dan demokratis dengan partai-partai lain sehingga kehadiran Partai Ummat juga menjadi kekuatan bagi partai-partai politik di Indonesia sebagai sebuah sistem politik modern yang membawa Indonesia semakin demokratis,” kata dia.

Baca Juga: Survei Y-Publica: PDIP Kokoh di Puncak, Partai Ummat dan Gelora Moncer

Ia meminta baik Partai Ummat maupun partai-partai lain di Indonesia mampu berkolaborasi untuk bersama-sama membangun Indonesia.

“Berkolaborasi secara sehat untuk membangun Indonesia menjadi negara yang makin bersatu, berdaulat, maju, adil, dan makmur sebagaimana diamanatkan konstitusi sekaligus mampu merekatkan persatuan bangsa,” ucap Haedar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya