SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hadir dalam kegiatan Partai Golkar di Jakarta, Senin (6/11/2023). (Youtube KompasTV)

Solopos.com, JAKARTA — Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak masuk jajaran pengurus Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (TKN KIM).

Kendati demikian, Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto mengklaim Khofifah siap memenangkan Prabowo-Gibran di wilayah Jawa Timur.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Sementara untuk memenangkan suara wilayah Jawa Barat, Partai Golkar menugasi mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Tentang peran Khofifah memenangkan suara Prabowo-Gibran itu disampaikan Airlangga dalam sambutannya di perayaan puncak HUT ke-59 Partai Golkar di Jakarta, Senin (11/6/2023) malam.

“Bertanggung jawab untuk wilayah Jawa Timur adalah Ibu Khofifah Indar Parawansa, didampingi Pakde Karwo. Kalau penyerangnya sudah dua, tandem, kita di Jawa Timur juga menang,” tandas Airlangga Hartarto, seperti dikutip dari tayangan KompasTV.

Mendengar namanya disebut, Khofifah yang hadir dalam acara tersebut langsung berdiri dan melempar senyum.

Khofifah yang mengenakan batik hitam bermotif membungkukkan badan memberi hormat lalu duduk kembali.

Sebelumnya diberitakan, nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia tidak ada dalam daftar pengurus Tim TKN KIM yang mengusung pasangan Prabowo-Gibran.

Alasan dua menteri Jokowi itu tak masuk TKN KIM karena harus mengurus negara.

Selain keduanya, nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga tak masuk TKN KIM.

Erick Thohir dan Khofifah sebelumnya masuk dalam kandidat terkuat pesaing Gibran sebagai cawapres Prabowo.

Ketua Umum TKN KIM, Rosan Roeslani menjelaskan para menteri pendukung Prabowo-Gibran berbagi tugas agar kerja kabinet Jokowi tak terhambat.

Apalagi saat ini Indonesia sedang mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 di mana Erick Thohir adalah Ketum PSSI.

“Kalau semuanya ikut (masuk dalam TKN), nanti yang mengurus negara siapa? Jadi, kami harus bagi-bagi yang bekerja untuk kampanye adalah kami-kami ini, dan harus juga tidak boleh semuanya mengurusi kampanye. Tetapi, mereka mendukung kami, memberi masukan. Ya itu yang kami butuhkan,” kata Rosan Roeslani selepas acara pengumuman nama-nama pengurus TKN di Jakarta, Senin (6/11/2023), seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Dia mengatakan Erick Thohir menteri aktif yang saat ini mengampu dua jabatan sekaligus, yaitu Menteri BUMN dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Investasi Ad Interim.

Selain itu, Erick Thohir juga menjabat Ketua Umum PSSI.

Menurut Rosan, bergabungnya Khofifah ke TKN KIM masih menunggu waktu yang tepat.

Rosan mengatakan pihaknya tidak terburu-buru memasukkan Khofifah ke tim sukses Prabowo-Gibran karena tahu isi hati Khofifah.

Sebagai informasi, selain Erick Thohir, Khofifah sebelumnya menjadi salah satu kandidat terkuat cawapres Prabowo Subianto.

“Tunggu waktunya, aja kesusu (jangan terburu-buru). Saya memahami isi hati dari Bu Khofifah,” ujar Rosan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya