Ketua Umum PSSI Beri Kado Untuk Pasoepati, Apa Itu?
Mantan Presiden Pasoepati, Aulia Haryo Suryo (kanan) menyerahkan jaket Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pada pengelola Museum Titik Nol Pasoepati, Mayor Haristanto, Senin (8/2/2021). (Solopos/Chrisna Chanis Cara)

Solopos.com, SOLO - Museum Titik Nol Pasoepati kembali menambah koleksi. Kali ini, koleksi terbaru dari Museum Titik Nol Pasoepati adalah jaket dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Memorabilia sepak bola yang tersimpan di Museum Titik Nol Pasoepati memang sudah banyak. Meski usianya baru seumur jagung, museum yang dikelola Mayor Haristanto itu telah mendapat banyak hibahan koleksi bersejarah dari insan sepak bola.

Tak hanya menyimpan memorabilia seputar sepak bola Nasional, museum yang dirintis Juli 2020 ini punya pernak-pernik unik seperti tiket final Liga Champions dan sebagainya.

Baca Juga: 15 Tahun Tak Pulang, TKW asal Sragen Dikabarkan Bunuh Diri di Arab Saudi

Berbekal latar belakangnya sebagai Presiden pertama Pasoepati, tak sulit bagi Mayor untuk meyakinkan atlet bola maupun para kolektor untuk menghibahkan koleksi. Namun Iriawan menjadi salah satu orang yang sulit “ditembus” Mayor untuk merelakan barangnya buat museum.

“Sudah sejak 24 Oktober saya melobi Pak Iwan Bule [sapaan Iriawan] lewat sekretaris pribadinya. Museum tentu lebih lengkap jika ada koleksi milik Ketum PSSI. Namun upaya saya selalu mentok,” ujar Mayor saat ditemui Solopos.com, di Museum Titik Nol, Nusukan, Senin (8/2/2021).

Tak disangka-sangka, perbincangan Mayor dengan Presiden Pasoepati periode 2018-2020, Aulia Haryo Suryo, membuka jalan baginya untuk memiliki koleksi Ketua Umum PSSI. Rio, sapaan Aulia, ternyata dekat dengan Iwan Bule usai keduanya terlibat dalam peresmian Stadion Manahan oleh Presiden Jokowi, Februari 2020.

Berawal dari Gojekan

Agenda itu juga menjadi puncak HUT ke-20 Pasoepati. Hanya dalam hitungan hari, Rio berhasil memboyong jaket Timnas milik Iwan Bule ke Solo.

Pada Senin, Rio membawa jaket bermerek Mills ini untuk dipajang di Museum Titik Nol. Jaket berwarna merah itu memiliki bordir tulisan “Mochamad Iriawan, Ketum PSSI” di bagian dada sebelah kanan dan logo Timnas di sebelah kiri. Pakaian itu dikenakan Iwan Bule sehari-hari saat bertugas maupun mengawal Timnas.

“Awalnya sebenarnya hanya gojekan saja. Setelah saya menghibahkan polo shirt DPP Pasoepati untuk museum, saya bertanya pada Pak Mayor koleksi apa lagi yang dibutuhkan? Beliau menjawab jaket Ketum PSSI. Saya kemudian menghubungi Pak Iwan Bule, kebetulan saya punya akses langsung karena kenal baik usai acara HUT Pasoepati di Manahan tahun lalu,” ujarnya.

Baca Juga: Nakes Terpapar Covid-19 di Jateng Turun Signifikan, Efek Vaksin?

Rio menyebut Iwan Bule antusias saat koleksinya hendak diminta untuk Museum Pasoepati. “Beliau senang dan bangga jaketnya bisa masuk museum,” ujar Rio.

Mayor mengatakan jaket Ketum PSSI menjadi kado kejutan untuk HUT Pasoepati yang jatuh Selasa, 9 Februari 2021. “Saat perayaan besok akan saya sampaikan ke teman-teman Pasoepati,” ujar Mayor sumringah.



Berita Terkini Lainnya








Kolom