Ketua Satgas Covid-19 Sebut Awal Agustus Vaksinasi Digencarkan Lagi

Ganip menyatakan pemerintah terus menerus mendatangkan vaksin untuk bisa memberikan vaksinasi kepada rakyat dan mungkin mulai awal Agustus gencar lagi.

 Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Bisnis.com-Janlika Putri Indah Sari)

SOLOPOS.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito. (Bisnis.com-Janlika Putri Indah Sari)

Solopos.com, KLATEN – Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito, menegaskan vaksinasi Covid-19 masih digencarkan dan sampai saat ini vaksin corona juga terus didatangkan.

Hal itu disampaikan Ganip saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela kunjungan ke tempat isolasi terpusat di GOR Gelarsena Klaten, Rabu (28/7/2021).

Ganip menjelaskan masalah penanganan Covid-19 sangat kompleks dan bersinggungan dengan berbagai aspek mulai dari politik, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, untuk mengurangi laju penularan dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak.

Baca juga: Viral Influencer Dapat Vaksin Dosis Ketiga, Moderna yang Dipakai untuk Nakes?

“Kuncinya adalah disiplin dalam protokol kesehatan khususnya mengenakan masker. Kedua adalah vaksinasi. Pemerintah terus menerus mendatangkan vaksin untuk bisa memberikan vaksinasi kepada rakyat mungkin mulai awal Agustus gencar lagi. Vaksin yang didatangkan ada yang berupa vaksin jadi ada yang berupa bulk artinya masih diolah lagi membutuhkan waktu satu bulan,” kata Ganip yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Mencapai Herd Immunity

Vaksinator yang disiapkan berasal dari berbagai unsur yakni TNI, Polri, Dinas Kesehatan, serta elemen lainya. Metode vaksinasi sudah banyak dikembangkan.

“Pemerintah daerah dan pusat sudah membuat sentra-sentra vaksinasi. TNI-Polri membuat serbuan vaksinasi. Ada juga yang melakukan door to door vaksinasi tujuannya agar semua segera tervaksinasi dan pada akhirnya mencapai herd immunity,” kata dia.

Baca juga: Ternyata Ini Makna Baju Putih dan Selendang Lurik di Peringatan Hari Jadi ke-217 Klaten

Lebih lanjut, Ganip mengingatkan tak ada satu orang pun yang kebal terhadap virus corona. Guna mencegah agar tak terpapar virus itu, disiplin melakukan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci.

“Kemudian ikuti vaksinasi dan ketiga ikuti aturan PPKM. Karena PPKM menjadi salah satu mengendalikan agar tidak menyebar kemana-mana. Virus ini yang bawa manusia, vector manusia. Oleh karena itu manusia yang harus dijaga antara satu dengan lainnya,” jelas dia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan vaksinasi di Klaten masih terus bergulir. Per Selasa (27/7/2021), capaian vaksinasi di Klaten yakni 127.351 orang (12,65 persen dari total target sasaran) yang sudah menerima suntikan dosis pertama.

Sementara, sebanyak 89.019 orang (8,84 persen) sudah menerima suntikan dosis kedua. Jumlah total target sasaran vaksinasi di Klaten sebanyak 980.000 orang.

Baca juga: Pemerintah Perkuat Testing Covid-19 Hingga 400.000 per Hari, Kasus Positif Berpotensi Meningkat

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

KKN UNS Tim 361 Edukasi Warga Ngargisari Sragen Hidup Sehat di Masa Pandemi

Tim 361 KKN UNS kemudian berinisiatif mengadakan sosialisasi pola hidup sehat di Desa Ngargosari, Sumberlawang, Kabupaten Sragen.

Kelola Sampah Organik dengan Maggot, Omah Limbah Gempol Klaten Wakili Jateng ke Tingkat Nasional

Omah Limbah Gempol mengelola sampah organik agar berdaya guna sebagai pakan utama maggot alias belatung dari lalat BSF.

Hati-Hati Lur! Jembatan Trobayan Sragen Retak-Retak, Rawan Ambles

Jembatan Trobayan di Kalijambe Sragen kembali rusak hingga mengancam keselamatan pengguna jalan, khususnya pengemudi kendaraan roda empat atau lebih.

Kisah Kades Gempol Klaten yang Diprimpeni Arwah Leluhur saat Jalani Isoman

Kepala Desa (Kades) Gempol, Kecamatan Karanganom, Edy Suryanta, merupakan salah seorang penyintas Covid-19 di desanya, Jumat (17/9/2021).

Ella Skin Care Menginspirasi melalui 1.000 Serum

Ella Skin Care dengan produknya Matcha Sebo Control Serum mengatasi masalah jerawat yanpa efek samping.

Tak Hanya White Tiger, Monstera Variegata Marble Juga Jadi Primadona, Harganya Rp3 Juta per Daun

Petani dan pedagang tanaman hias di lereng Gunung Lawu ini menyebut bukan hanya Monstera White Tiger yang sedang hits. Dia menyebut Monstera Variegata Marble juga menjadi primadona.

Tak Cuma Dapat Bantuan Uang Buat Ngontrak, Sekeluarga Tidur di Wedangan Kartasura Juga Dapat Motor

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, mendapat bantuan senilai Rp32.650.000. Bantuan itu kemudian diwujudkan dalam bentuk motor, uang kontrakan, dan sebagainya.

Dapat Donasi Rp32 Juta, Sekeluarga yang Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Bakal Ngontrak

Sekeluarga yang tidur dikolong meja di wedangan di Kartasura, Sukoharjo, bakal dicarikan kontrakan setelah mendapat bantuan senmilai Rp32.650.000.

Wonogiri Kembali Masuk Zona Kuning Covid-19, Bupati Jekek: Ini Luar Biasa

Selama pandemi berlangsung, Wonogiri pernah masuk dalam zona hijau, kuning, oranye, dan merah.

Kronologi Penemuan Kerangka Manusia dan Tengkorak di Sambungmacan Sragen

Temuan kerangka manusia itu memiliki ciri-ciri yang sama dengan Eko yang memiliki tinggi 168 dan berat badan 70 kg.

Bupati Pastikan Pelajar SMP Wonogiri Mulai Divaksin Covid-19 Pekan Depan

Jumlah pelajar SMP di Wonogiri, baik negeri maupun swasta, yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berjumlah sekitar 80.000 lebih.

Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Warga Sragen Ternyata Sudah Hilang 2 Bulan

Kerangka manusia itu ditemukan secara tidak sengaja oleh warga pada Jumat pagi sekitar pukul 08.00 WIB.

Donasi untuk Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Kartasura Terkumpul Rp32,6 Juta Sehari

Melalui kisah yang dibagikan kali pertama oleh Yayasan Kita Peduli di media sosial dan menjadi viral ini terhimpun donasi senilai Rp32.650.000.

Warga Sragen Ditemukan Tinggal Kerangka di Selokan, Tengkoraknya Hanyut 200 Meter

Selokan tak jauh dari lapangan voli di tanah kas desa itu sebelumnya memang jarang dijamah warga.

Objek Wisata di Karanganyar Masih Tutup, Pemkab Turunkan Lagi Target PAD

Target PAD wisata Karanganyar tahun ini relatif jauh lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar per tahun.

Vaksinasi Buruh Wonogiri Capai 85%, Sejumlah Perusahaan Masih Antre Vaksin

Vaksinasi kepada buruh belum sepenuhnya selesai karena ada beberapa perusahaan yang belum menggelar vaksinasi.