SOLOPOS.COM - Polresta Sleman menunjukkan AS kepada wartawan, Senin (6/2/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Solopos.com, SLEMAN — Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, meminta ketua remaja masjid di Kapanewon Gamping yang menjadi pelaku pencabulan 20 anak dihukum seberat-beratnya. Kustini mengaku prihatin atas peristiwa tersebut.

“Ini memprihatinkan buat kita, karena ada masalah moral. Kejadian ini harus diperhatikan oleh seluruh komponen masyarakat,” kata dia, Selasa (7/2/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kustini mengaku akan berkomunikasi dengan polisi agar pelaku yang berinisial AS, 28, itu dihukum berat atas perbuatannya.

“Saya akan komunikasi agar pelaku dihukum seberat-beratnya,” ujar dia.

Bupati menegaskan tidak akan menoleransi orang yang melakukan tindakan pencabulan terhadapa anak. Hal ini karena perbuatan tersebut bisa merenggut masa depan anak lantaran memiliki dampak yang besar bagi psikis anak.

Pemerintah melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sleman telah melakukan upaya pendampingan sejak muncul kasus tersebut.

“Sejak awal Februari kami sudah turun [pendampingan]. Jadi kami dampingi empat korban  beserta orang tuanya untuk membuat laporan kepada kepolisian,” katanya.

Kustini memastikan, pemerintah melalui dinas terkait akan memberikan bantuan pemeriksaan medis dan pendampingan psikologis kepada korban. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penaykit menular ataupun trauma dari para korban.

“Kami pastikan ada pendampingan untuk korban. Saya juga minta kepada masyarakat di lingkungan sekitar untuk lebih peduli. Rangkul mereka [korban]. Jangan kemudian justru di-bully. Mereka yang harus kita lindungi,” tegasnya.

Pemkab Sleman juga akan memasifkan sosialisasi untuk menjadikan masjid menjadi tempat yang ramah anak. “Supaya semua warga  dan takmir menjadikan  masjid bisa melakukan perlindungan anak. Menjadikan masjid ramah anak,” kata dia.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Remaja Masjid Cabuli 20 Anak, Bupati Sleman: Hukum Seberat-beratnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya