SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

BANTUL—Ketua Pramuka Dunia, Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia akan melakukan kunjungan kehormatan ke Wukirsari, Imogiri, Bantul untuk meresmikan proyek Messenger Of Peace (MOP) Preserve and Traditional, Rabu (1/2).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bantul adalah daerah pertama yang menjadi objek program MOP yang pendanaannya langsung didukung oleh World Scout Foundation,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Profesor Azrul Azwar, dalam keterangan pers yang dilansir Humas Pemkab Bantul, Senin (30/1).

Program itu, kata Azrul, digelar dalam rangka membentuk budaya hidup modern, tapi tetap berpedoman pada kearifan lokal dan kemasyarakatan. Menurut dia, Indonesia ditunjuk sebagai daerah percontohan karena memiliki 20.000 pramuka, dari total gerakan pramuka seluruh dunia sekitar 30.000.

Sedangkan Bantul dipilih sebagai daerah percontohan karena dinilai sebagai daerah yang tetap eksis menghasilkan kerajinan batik, karawitan dan tatah sungging.

Menurut Ketua Kwartir Pramuka Cabang Bantul, Nurcahyo, Pramuka Dunia telah mengucurkan dana sekitar Rp300 juta untuk pembangunan pendopo di Wukirsari sekitar sebulan lalu. Pendopo itu akan digunakan untuk pelatihan dan kegiatan kearifan lokal yang mampu menampung 55 orang peserta.

Selain meresmikan pendopo tersebut, Ketua Pramuka Dunia juga akan meninjau dan observasi lokasi terutama untuk kegiatan gugus depan. “Beliau akan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat, kegiatan-kegiatan pemuda, karang taruna dan pelajar,” katanya.

Selain mengunjungi Bantul, Gustaf juga dijadwalkan berkunjung ke Candi Borobudur serta bertemu langsung dengan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka DIY.(HARIAN JOGJA/Andreas Tri Pamungkas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya