SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Ketua Pengadilan Negeri (PN) Semarang Sutaji melaporkan Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menyusul aksinya di lembaga peradilan itu.

Juru bicara PN Semarang Eko Budi Supriyanto di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (6/8/2019), mengakui ketua pengadilan melaporkan koordinator MAKI ke polisi atas aksinya menempelkan kertas dengan tulisan yang menyudutkan PN Semarang di gazebo kompleks pengadilan yang dijadikan sebagai tempat merokok pengunjung. “Yang dilaporkan kejadian pada hari Senin [5/8/2019] kemarin,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Boyamin, Senin itu, menyurati Ketua PN Semarang berkaitan dengan permohonan agar gazebo di lingkungan pengadilan itu dibongkar karena diduga berkaitan dengan kasus dugaan suap Bupati Jepara terhadap oknum hakim. Dalam kesempatan itu, Boyamin juga menempeli gazebo itu dengan kertas bertuliskan “Bangunan Gazebo Ini Bukan Milik Negara”.

Eko menjelaskan Ketua Pengadilan telah memerintahkan sekretaris PN Semarang dan kepala bagian umum untuk melapor ke Polrestabes Semarang. “Yang terjadi pada Senin kemarin sudah disampaikan semua,” katanya.

Adapun sangkaan yang dikenakan kepada terlapor, kata dia, hal tersebut merupakan ranah polisi untuk menentukannya. “Kami sudah sampaikan semua kronologinya secara runtut, untuk pasal yang disangkakan itu semua kewenangan penyidik,” katanya.

Sebelumnya, Ketua PN Semarang Sutaji menyayangkan tindakan yang dilakukan koordinator MAKI tersebut. Ia menilai tindakan itu sebagai perbuatan main hakim sendiri. “Kita tunggu putusan pengadilan atas perkara ini. Ini namanya main hakim sendiri,” tukasnya.

Menanggapi itu, Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyatakan menghormati dan siap mengikuti proses hukum yang dilakukan PN Semarang. Ia menyatakan aksi meminta agar gazebo PN Semarang itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan agar lembaga peradilan ini bebas dari berbagai kepentingan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya