Ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso. (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso, masuk bursa penjaringan bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di PKS jelang Pilkada 2020.

Hal ini diungkapkan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PKS Jateng, Rohadi Widodo, saat dihubungi Solopos.com, Senin (7/10/2019). Penjaringan figur potensial oleh PKS dilakukan untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan popularitas.

Bisa jadi, tingkat elektabilitas dan popularitas figur eksternal lebih tinggi dibanding kader partai. “[Wiwaha] memang masuk bursa penjaringan. Kami masih mematenkan figur potensial yang akan diusung dalam pilkada,” kata dia.

Baca juga: Terkuak! Ini Penyebab Bayi Kembar Irish Bella Meninggal dalam Kandungan

Mantan Wakil Bupati Karanganyar ini menyampaikan proses penjaringan figur potensial dilakukan tim pemenangan pilkada. Mereka tengah bekerja keras untuk mengetahui tingkat elektabilitas dan popularitas masing-masing figur.

Partai berlambang bulan sabit dan kapas ini harus berkoalisi dengan partai politik lain untuk mengusung pasangan calon. Jumlah kursi PKS di parlemen hanya lima kursi.

Sedangkan parpol atau gabungan parpol bisa mengusung pasangan calon apabila memiliki minimal sembilan kursi di legislatif. “Kami juga masih berkomunikasi dengan partai lain untuk menyamakan visi dan misi,” ujar dia.

Baca juga: Bupati Karanganyar Usul Soloraya Jadi Provinsi, Ini Jawaban Gubernur Jateng...

Sementara itu, Ketua DPD PKS Sukoharjo, Ari Sarwanto, mengatakan mulai menjalin komunikasi dengan partai peraih kursi di parlemen. Hal ini bagian dari penjajakan koalisi partai menuju Pilkada Sukoharjo.

Komunikasi politik dilakukan secara terus menerus hingga ada kecocokan dengan partai lain. “Lebih cepat lebih baik. Setelah resmi berkoalisi, kami segera berlari kencang untuk menyosialisasikan pasangan calon kepada masyarakat,” tutur dia.

Sebagai informasi, PAN Sukoharjo telah resmi meminang Ketua PDM Sukoharjo, Wiwaha Aji Santoso, sebagai bakal cabup atau cawabup pada Pilkada Sukoharjo. Sosok Wiwaha dinilai paling tepat untuk memimpin Sukoharjo pada masa mendatang.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten