SOLOPOS.COM - Ketua KPU Husni Kamil Manik saat memimpin rakor di Blitar, Selasa (3/11/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Ketua KPU tutup usia semalam. Jenazah pria bernama lengkap Husni Kamil Manik itu dimakamkan di TPU Jeruk Purut.

Solopos.com, JAKARTA — Jenazah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni Kamil Manik dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Jumat siang (8/7/2016).

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Jenazah tiba di TPU Jeruk Purut pukul 13.00 WIB diiringi rombongan keluarga dan pelayat setelah disalatkan di masjid kompleks Polri Pejaten, Jakarta Selatan. Sesampainya di lokasi, jenazah Husni Kamil Manik segera diazani sebelum dimasukkan ke liang lahat yang telah disiapkan di BLAD 52, kompleks TPU Jeruk Purut.

Ekspedisi Mudik 2024

Isak tangis keluarga, terutama putri Husni, Aisyah, turut mengiringi pemakaman jenazah. Dilaporkan Kantor Berita Antara, sejumlah tokoh turut hadir dalam upacara pemakaman Husni, antara lain, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshidiqqie, Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, dan ustaz Yusuf Mansur.

Husni Kamil Manik meninggal dunia karena sakit di Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (7/7/2016) sekitar pukul 21.10 WIB. Ia meninggalkan seorang istri, Endang Mulyani, serta tiga anak, yakni Afif, Abid, dan Aisyah.

Husni Kamil lahir di Medan, Sumatera Utara, 18 Juli 1975. Dia menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum sejak 12 April 2012. Sebelumnya, dia merupakan komisioner KPU Provinsi Sumatera Barat sejak 2008.

Husni menempuh pendidikan dari SD hingga MTsN di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Setelah lulus dari MAN I Medan, dia masuk ke Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, pada 1994. Husni juga aktif di Nahdhatul Ulama dan menjabat sebagai Sekretaris Pimpinan Wilayah Nahdhatul Ulama Sumatera Barat periode 2010 hingga 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya