Kategori: Solo

Ketua DSKS Solo Ustaz Muin Meninggal Positif Covid-19


Solopos.com/Newswire

Solopos.com, SOLO -- Ketua Dewan Syariah Kota Solo atau DSKS, Dr Muinuddinillah Basri atau Ustaz Muin yang meninggal dunia pada Selasa (8/12/2020) malam terkonfirmasi positif Covid-19.

Sebelumnya, pengasuh Pondok Pesantren Ibnu Abbas Klaten itu sempat menjalani perawatan di RS PKU Muhammadiyah Solo. Namun kemudian dirujuk ke RSUD dr Moewardi (RSDM) Solo.

Pelaksana Humas DSKS, Endro Sudarsono, seperti dikutip detikcom, Selasa malam, mengatakan Ustaz Muin meninggal pada pukul 19.15 WIB. Sebelumnya, Ustaz Muin telah menjalani perawatan selama sekitar tiga pekan.

Innalillahi, Ustaz Muin Ketua DSKS Solo Meninggal Dunia

"Beliau [Ustaz Muin] meninggal pukul 19.15 WIB tadi. Dulu sempat di RS PKU Muhammadiyah, kemudian dirujuk ke RSUD dr Moewardi," kata Endro saat dihubungi detikcom, Selasa (8/12/2020).

Endro tak menampik kabar yang menyebut Ustaz Muin positif Covid-19. Hal itu berdasarkan informasi yang Endro peroleh dari Ponpes Ibnu Abbas asuhan Ustaz Muin.

"Kami tahunya dari Ibnu Abbas. Ada edaran yang mengatakan Ustaz Muin positif Covid-19, sehingga seluruh santri dipulangkan," jelasnya.

5 Hari Sebelum Meninggal, Ustaz Muin Sempat Live Facebook Dari RS, Ini Pesan-Pesannya

Disalatkan Di Lapangan

Rencananya, jenazah Ustaz Muin dimakamkan di Makam Muslim Ar-Rohmah, Desa Blimbing, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Rabu (9/12/2020). Sebelum itu, jenazah Ustaz Muin akan dibawa ke lapangan terbuka untuk disalatkan.

"Kami belum tahu pertimbangannya apa disalatkan di lapangan," ujarnya.

Menurutnya, selama dirawat di RS, Ustaz Muin masih aktif memberikan dakwah melalui media sosial. Terakhir pada Kamis (3/12/2020), Ustaz Muin melakukan siaran langsung lewat Facebook untuk memberi wejangan kepada jemaah.

Tidak Jadi Sewa 2 Hotel, Pemkab Karanganyar Akhirnya Pilih Asrama BLK Untuk Isolasi OTG

"Mungkin saat itu [live Facebook] beliau merasa waktunya sudah dekat. Beliau seperti memberikan pesan-pesan terakhir," ujarnya.

Sebelumnya, lewat unggahan status Facebook-nya pada 11 November 2020, Ustaz Muin menuliskan tengah diuji Allah dengan sakit panas. Saat itu ia berharap itu hanya gejala tipes yang pernah ia alami beberapa waktu sebelumnya.

Berdasarkan surat lelayu yang beredar, Ustaz Muin meninggal dunia pada usia 54 tahun. Ia meninggalkan istri, Siti Rodhiyah, dan delapan orang putra.

Share