SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Ketua DPR, Marzuki Alie menilai semua lembaga penegak hukum harus punya independensi. Marzuki setuju KPK memiliki penyidik independen untuk memastikan independensi KPK mengusut kasus korupsi.

“Bagus, semua lembaga penegak hukum harus independen,” kata Marzuki, Sabtu (15/5). Marzuki menyampaikan, KPK sebagai lembaga independen harus kerja keras mengungkap kasus korupsi yang menjadi penyakit di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oleh karena itu, Marzuki menghimbau agar KPK tetap independen. “Harus lepas dari pengaruh politik, eksekutif dan sebagainya,” terang Marzuki.

Sebelumnya diberitakan anggota Komisi III dari FPD, Peter C Zulkiefli mendukung wacana penyidik independen untuk KPK. Peter berharap KPK makin kuat dalam mengungkap kasus korupsi.

Senada dengan Peter, anggota DPR dari FPKS Mahfud Siddik juga meminta DPR merefisi UU agar KPK memiliki penyidik independen. Independensi penyidik KPK diharapkan semakin mempertajam penyidikan KPK tanpa mengenal konflik kepentingan.

Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin juga mendesak agar DPR segera merevisi UU dan memberi penyidik independen untuk KPK.

dtc/ tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya