SOLOPOS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan) saat melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Matvienko di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/10/2022). (ANTARA/HO-DPR)

Solopos.com, JAKARTA — Rusia menawarkan menggarap proyek transportasi kereta api di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Tawaran itu disampaikan Presien Rusia Vladimir Putin melalui perusahaan negaranya, Russian Railways.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua DPR RI Puan Maharani mengapresiasi tawaran Presiden Vladimir Putin tersebut.

“Saya mengapresiasi minat Rusia untuk terlibat dalam pengembangan Ibu Kota Negara atau IKN,” kata Puan di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Rusia-Ukraina Saling Tukar 200 Tawanan Perang

Puan menyampaikan langsung apresiasi tersebut saat bertemu Ketua Dewan Federasi Majelis Federal Rusia Valentina Matvienko di sela-sela perhelatan The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Puan mengatakan Indonesia saat ini masih menunggu soal kelanjutan dari tawaran Presiden Putin untuk mengembangkan transportasi kereta api di IKN Nusantara tersebut.

DPR berharap rencana peningkatan kemitraan antara Indonesia dan Rusia menjadi mitra strategis dapat segera terwujud, sekaligus peluncuran perundingan perdagangan Indonesia dengan Eurasian Economic Forum.

Baca Juga: UEA dan Australia Dukung IKN Nusantara, Ketua DPR Puan Maharani Gembira

Puan menilai Rusia merupakan pasar potensial dan mitra dagang utama di kawasan Eropa Timur dan Tenggara dengan target peningkatan nilai perdagangan mencapai 5 miliar dolar AS.

“Bagi Indonesia, Rusia juga merupakan negara potensial untuk kerja sama investasi karena nilai realisasi investasi Rusia di Indonesia yang terus meningkat,” katanya, seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Puan juga menyampaikan harapan DPR RI agar hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan Rusia yang sudah berjalan dengan baik dapat terus ditingkatkan, terutama dengan memanfaatkan forum kerja sama bilateral yang telah terbentuk dan dilakukan pertemuan secara reguler, seperti Sidang Komisi Bersama Bidang Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi dan Teknik, serta Konsultasi Bilateral Bidang Keamanan.

Baca Juga: Dianggarkan Rp556 Miliar, Pembangunan Bendungan di IKN Capai 70 Persen

“Saya mendorong kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dengan Rusia. Bagi kami, Rusia merupakan alternatif negara untuk pengadaan atau modernisasi alutsista Indonesia,” katanya kepada Matvienko.

Terkait hubungan Indonesia dengan Rusia yang sudah terbangun selama 70 tahun, Puan menyinggung sejarah Presiden pertama RI Soekarno dengan mantan Perdana Menteri (PM) Nikita Kruschev yang memiliki hubungan hangat.

“Saya dengar mantan Perdana Menteri Nikita Kruschev mengirimkan produk selai dan puding terbaik Rusia kepada Presiden Soekarno secara berkala. Perlakuan spesial Kruschev ini terus membekas dalam ingatan Bung Karno,” katanya.

Baca Juga: Pembangunan IKN Dimulai, Ini Daftar Proyek yang Mulai Dikerjakan

Kemitraan Indonesia dan Rusia juga ditandai oleh Deklarasi tentang Kerangka Hubungan Persahabatan dan Kemitraan antara Republik Indonesia dan Federasi Rusia dalam Abad ke-21, yang ditandatangani oleh Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada 21 April 2003.

Hubungan baik itu juga tercermin seperti saat Presiden Joko Widodo bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow pada 30 Juni lalu.

Pertemuan itu sebagai rangkaian misi perdamaian Indonesia setelah melakukan kunjungan ke Kyiv, Ukraina.

Baca Juga: Nenek Moyang Suku Jawa, Pelaut Tangguh Austronesia

“Saya sangat mengapresiasi hasil pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Presiden Putin di Moskow, antara lain akan memberikan jaminan keamanan logistik pupuk dan pangan, khususnya gandum, dari Rusia dan Ukraina,” ujar Puan Maharani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya